Cara Bikin CV dan Surat Lamaran Kerja Supaya Gampang Diterima Kerja

- 26 Desember 2022, 13:20 WIB
Contoh Surat Lamaran Kerja
Contoh Surat Lamaran Kerja /pexels/

EDITORNEWS.ID – Praktisi Psikologi Mohamad Abdilah Nuradhi memberikan tips agar gampang diterima kerja. Salah satunya soal membuat curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup.

"Untuk bisa membuat CV yang paling membantu kita lolos dari tahapan pertama adalah pakai prinsip jobs matching. Jadi, teman-teman ketika keliling-keliling booth ini pasti sudah punya brosur, lowongannya apa, dicari jabatannya apa, job description-nya apa," katanya yang ditayangkan secara virtual melalui kanal Youtube Kemnaker.

Selanjutnya, masukkan dalam CV kriteria soft skill atau attitude yang dibutuhkan. Sebelum melamar, pencari kerja harus mengetahui dulu formasi penempatan kerjanya apabila lolos seleksi.

"Pastikan juga ada kesamaan latar belakang pendidikan, keterampilan, pengalaman, kepribadian juga perlu kita pertimbangkan. Semakin dekat CV teman-teman dengan ceklis yang punya perusahaan maka peluang teman-teman untuk dipanggil ke tahap kedua itu akan lebih besar," ujar Abdilah.

Baca Juga: Lowongan Kerja di Kereta Api, Buka Sampai Awal Januari

Abdilah pun memberi saran yang jarang dilakukan pelamar. Ia tidak merekomendasikan membuat CV yang sama untuk semua perusahaan.

"Jadi jangan sampai membuat CV yang generik teman-teman karena tiap perusahaan punya satu perusahaan, lowongannya bisa macam-macam," ucapnya.

Pastikan dalam membuat CV harus sesuai dengan kompetensi. Posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan pun juga hal yang patut diperhatikan.

"Dari kompetensi tadi yang kita bahas itunya saja sudah beda, enggak mungkin kita membuat CV yang sama. Karena yang dibutuhkan dalam CV itu adalah informasi yang relevan. Ketika kita sedang melamar menjadi seorang sales, cantumkanlah pengalaman atau hobi atau apapun yang sudah teman-teman kerjakan yang berkaitan dengan sales," ujarnya.

Baca Juga: Kapal Pengangkut Material Kandas di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang 12 Orang Diselamatkan

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x