Ternyata Lima Olahraga Ini Dapat Turunkan Resiko Penyakit Jantung

- 29 Mei 2024, 23:58 WIB
Olahraga Sederhana untuk Jantung Sehat
Olahraga Sederhana untuk Jantung Sehat /

EDITORNEWS.ID - Berolahraga secara teratur sangat penting untuk kesehatan. Aktivitas fisik ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung, menjaga berat badan, hingga mengurangi resiko kematian terkait kardiovaskular.

Sebagaimana diilansir dari laman Telegraph, Rabu, 29 Mei 2024, berikut lima olahraga terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung:

1. Berjalan Cepat
Berjalan kaki adalah latihan yang mudah dilakukan, tetapi untuk benar-benar bermanfaat bagi jantung, Anda perlu melakukannya dengan cepat atau di medan yang bervariasi.

Tujuannya adalah mencapai sekitar 65-70 persen dari detak jantung maksimum Anda selama setidaknya 40 menit, tiga kali seminggu. Berjalan cepat ini akan membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan kekuatan jantung.

Baca Juga: Ketahui! Beberapa Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

2. Berlari
Berlari lebih menantang dibanding berjalan dan efektif untuk sesi latihan yang lebih pendek. Cobalah berlari selama 20-40 menit, dua kali seminggu.

Anda juga dapat melakukan latihan interval dengan berlari cepat selama 30-90 detik, diikuti dengan pemulihan selama 90 detik. Latihan ini akan meningkatkan kekuatan dan stamina jantung secara signifikan.

3. Berenang
Berenang adalah latihan seluruh tubuh yang efektif dan dapat dilakukan dengan kecepatan konstan selama 30-40 menit untuk menjaga detak jantung tetap rendah hingga sedang.

Jika Anda seorang perenang yang kurang terampil, berenang dapat digunakan sebagai sesi latihan interval. Berenang cepat selama 30-90 detik, diikuti dengan pemulihan selama 90 detik, akan sangat bermanfaat.

Baca Juga: Duh, Detik-Detik Arhan Jalan Lemas lalu Peluk Istri, Netizen:Jangan Bucin Mulu Lu Ah

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah