7Jenis Olahraga Saat Puasa, Manfaat dan Waktu yang Tepat

- 24 Maret 2024, 20:22 WIB
Tips Olahraga di Bulan Ramadhan
Tips Olahraga di Bulan Ramadhan /Pixels / Muhammad Dzaki Dzaydan/

EDITORNEWS.ID - Olahraga penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Bahkan, banyak pakar kesehatan yang menganjurkan untuk tetap aktif bergerak meski sedang menjalani ibadah puasa.

Pada dasarnya, puasa tidak menghalangi seseorang untuk berolahraga, untuk melakukan aktivitas seperti olahraga. Lantas, apakah olahraga saat puasa diperbolehkan?

Hal ini juga diungkap oleh Deta Tanuwidjaja, yang merupakan Ahli Ilmu Faal Olahraga Klinis Departemen Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Ia mengatakan bila tubuh kurang bergerak akan memperbesar resiko terkena berbagai penyakit.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 7 Manfaat Lari untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Untuk itu, tetap rajin melakukan olahraga saat puasa. Mari simak jenis olahraga yang direkomendasikan saat puasa dan waktu yang tepat untuk melakukannya.

  1. Yoga
     
    Yoga merupakan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah dan tidak begitu menguras energi. Gerakan yoga berfokus pada teknik pernapasan untuk meregangkan otot dan membuat otak lebih rileks. Tidak hanya itu, manfaat yoga lainnya adalah membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.
     
  2. Jalan Santai
     
    Jenis olahraga saat puasa yang direkomendasikan berikutnya adalah jalan santai. Aktivitas fisik ini termasuk ringan, sehingga tidak akan membuang banyak energi ataupun menyebabkan keringat berlebihan. Rutin melakukan jalan santai bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagian jantung, tulang, dan otot.
     
  3. Pilates
     
    Selain yoga, pilates juga bisa menjadi alternatif olahraga ringan selama berpuasa. Jenis olahraga ini dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing orang. Pilates bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh, mengatasi stres, serta meningkatkan kekuatan otot.
     
  4. Bersepeda
     
    Bersepeda saat puasa bisa dilakukan dengan jarak dekat, sehingga tidak begitu melelahkan. Selain membantu membakar lemak dan kalori, olahraga ini juga bermanfaat menyehatkan jantung dan mengencangkan otot. Bersepeda santai saat sore hari menjelang berbuka juga bisa membuat pikiran lebih tenang sehingga rasa stres bisa mereda.
     
  5. Jogging
     
    Jika Anda memiliki energi lebih, cobalah melakukan jogging dengan intensitas ringan. Anda dapat melakukannya di pagi hari (saat masih banyak energi tersimpan) atau sore hari (menghabiskan sisa tenaga menjelang berbuka). Lakukan jogging selama 30 menit, namun segera berhenti jika Anda merasa lelah.
     
  6. Tai Chi
     
    Tai chi juga termasuk salah satu jenis olahraga saat puasa yang dapat Anda coba. Olahraga ini memiliki intensitas ringan, sehingga tidak mudah menyebabkan haus. Anda bisa melakukannya sebelum sahur atau pagi hari sebelum beraktivitas. Beberapa manfaat melakukan tai chi adalah meningkatkan kestabilan otot, fungsi kognitif, dan fleksibilitas tubuh.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Berlari untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dan Mengurangi Risiko Kematian

  1. Sit Up dan Push Up
     
    Sit up maupun push up merupakan olahraga yang bisa dilakukan saat sedang berpuasa. Anda pun bisa melakukannya di sela-sela waktu santai. Sit up bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas, membentuk otot perut, dan mengurangi risiko nyeri pinggul. Sementara itu, push up dapat menjaga stabilitas tubuh dan menguatkan otot dada.
     
    Waktu Olahraga saat Puasa
     
    Olahraga saat berpuasa memang dianggap aman, namun Anda perlu mempertimbangkan waktu yang tepat untuk olahraga saat puasa, yaitu sebelum sahur, sebelum berbuka, setelah berbuka, atau sebelum tidur.
     
    Sebelum Sahur
     
    Olahraga saat puasa dapat dilakukan setengah jam sebelum sahur. Iringi dengan asupan cairan yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi. Dengan berolahraga sebelum sahur, tubuh akan terasa lebih segar untuk beraktivitas di pagi hari.

Baca Juga: Tak Pernah Sepi Tapi Begini Penampakan Kolam Renang Telaga Ratu Kota Baru Jambi Mirip Kolam Lele
 
Sebelum Buka Puasa
 
Anda juga bisa memanfaatkan waktu singkat sekitar 30 menit sebelum berbuka puasa untuk berolahraga. Anda dapat melakukan jalan santai atau bersepeda dengan jarak sedang. Jika dilakukan secara rutin, aktivitas ini akan membuat tubuh lebih bugar.
 
Setelah Buka Puasa
 
Apabila ingin berolahraga saat berbuka, tunggulah sampai makanan tercerna dengan baik. Atau, Anda juga bisa berbuka dengan makanan ringan, kemudian mengonsumsi makanan berat setelah berolahraga.
 
Sebelum Tidur
 
Sebelum waktu tidur tiba, makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa sudah dicerna dengan baik, sehingga Anda memiliki energi yang optimal untuk berolahraga.

Anda dapat melakukannya selama 30 menit sebelum tidur. Olahraga saat puasa tidak disarankan dilakukan lebih dari satu jam.

Baca Juga: Tak Pernah Sepi Tapi Begini Penampakan Kolam Renang Telaga Ratu Kota Baru Jambi Mirip Kolam Lele
 
Tips Olahraga saat Puasa
 
Olahraga saat puasa sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan. Sebaiknya, Anda menyiapkan beberapa hal sebelum berolahraga, seperti memenuhi asupan karbohidrat, protein, dan lemak serta kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi.
 
Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan waktu tidur. Normalnya, orang dewasa tidur selama 7–9 jam.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x