Aktivitas Fisik dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung, Berikut Penjelasannya

- 16 November 2023, 11:48 WIB
Ilustrasi ragam aktivitas fisik.
Ilustrasi ragam aktivitas fisik. /Pexels / Mary./

EDITORNEWS.ID - Menurut penelitian, orang dewasa tidak aktif selama 9,5 jam setiap hari, dimana waktunya dihabiskan untuk duduk dan bekerja. Duduk yang terlalu lama bisa membahayakan kesehatan jantung.

Para peneliti dari University of College London (UCL) dan University of Sydney menemukan bahwa, mengganti beberapa saat waktu yang dihabiskan untuk duduk dengan jenis aktivitas lain seperti tidur dan berdiri dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dalam studi terpisah yang melibatkan 15 ribu orang dari lima negara, penelitian dilakukan dengan memasangkan pelacak pada peserta untuk mengukur tingkat aktivitas dan kesehatan jantung selama 24 jam.

Para peneliti menemukan bahwa aktivitas yang lebih berat dan mengeluarkan banyak energi berkorelasi dengan manfaat kesehatan jantung yang lebih besar.

Baca Juga: Ketua KONI Budi Setiawan Dampingi Gubernur Jambi Lepas Atlet Dayung Ikut Babak Kualifikasi PON XXI di Jabar

Ketika peserta mengambil 5 menit dari waktu duduknya dan menggantikannya dengan aktivitas sedang atau berat, ada dampak positif pada jantung mereka.

Dalam satu contoh yang dikutip dari penelitian ini, menunjukan seorang wanita berumur 54 tahun yang mengganti 30 menit waktu duduknya dengan olahraga sedang hingga berat, telah berhasil menurunkan 2,4 persen dalam body mass index (BMI).

"Kami berharap data ini mencapai populasi yang luas dan berdampak pada perilaku," kata Matthew Saybolt, MD, direktur medis Program Penyakit Jantung Struktural di Hackensack Meridian Jersey Shore University Medical Center.

"Sebagai ahli jantung, kita tahu bahwa aktivitas fisik secara teratur dibandingkan dengan gaya hidup yang tidak aktif memiliki efek positif pada tekanan darah, kadar glukosa / gula, lemak tubuh, kolesterol, pola tidur dan suasana hati," kata Saybolt, meskipun tidak terlibat dalam penelitian, ia membagikan pikirannya dengan temuan baru tersebut.

Baca Juga: 8 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung yang Dapat Dilakukan Setiap Hari

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x