Penyelenggaraan PON 2024 Diharapkan Mampu Menemukan Bibit Atlet Internasional

- 8 Februari 2023, 23:01 WIB
PON 2024 Khusus Aceh, Gajah Putih Sumatra dan Rencong Diluncurkan Sebagai Maskot Serta Logo
PON 2024 Khusus Aceh, Gajah Putih Sumatra dan Rencong Diluncurkan Sebagai Maskot Serta Logo /Antara

EDITORNEWS.ID – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI akan diselenggarkan di Aceh  dan Sumatra Utara yang rencananya dilaksanakan pada 8 September 2024. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman berharap, bibit unggul atlet dapat ditemukan pada penyelenggaraan tersebut.

Dikutip dari kantor berita Antara Ketua Umum KONI menyatakan pelaksanaan PON XXI telah disetujui oleh presiden Joko Widodo dan akan dilaksanakan pada 8 September 2024. Ia berharap dapat menemukan atlet nasional untuk disiapkan berkompetisi pada ajang Internasional.

“Presiden telah menyetujui pelaksanaannya pada 8 September sampai 20 September  2024, dengan  pembukaan di Aceh dan ditutup di Medan, Sumatra Utara. Harapannya, dari PON XXI bisa  lahir atlet nasional yang akan  menjadi pelapis dari  atlet utama yang disiapkan untuk berkompetisi di ajang internasional,” ujar Marciano.

Ia menambahkan, dapat menemukan atlet di bidang panahan yang sudah menjadi cabang olahraga unggulan di olimpiade. Ia juga  berharap dapat menemukan bibit atlet di berbagai cabang olahraga lainnya, sehingga dapat mempersiapkan dari tahun ke tahun.

Baca Juga: BRI Liga 1 Pekan Ke-23: Rans Nusantara FC Akan Menjamu Arema FC di Pakansari, Bogor

“Misalnya dari panahan, yang merupakan andalan kita, ini harus lahir atlet-atlet baru dari PON. Jadi, setelah (Olimpiade) 2024, kita bisa terus menyiapkan (atlet) untuk (olimpiade) 2028, dan seterusnya,” ujar Marciano.

Ia juga berharap cabang olahraga andalan Indonesia di olimpiade seperti, panahan, angkat besi, dan bulu tangkis bisa menjadi kontributor tetap Indonesia untuk menyumbangkan medali.

“Sehingga cabang olahraga andalan, seperti panahan, bisa terus menjadi kontibutor tetap Indonesia untuk memberikan medali seperti bulu tangkis dan angkat besi,” imbuhnya

Seperti yang telah diketahui bahwa cabang olahraga panahan selalu menyumbangkan medali saat mengikuti ajang internasional, yakni sea game dan Asian game. Indonesia juga pernah mendapatkan medali di ajang sebesar olimpiade  yakni pada olimpiade seoul 1988.

Baca Juga: Al-Hilal Menang Lawan Flamengo, Selangkah Lebih Dekat Untuk Juara Piala Dunia Antar Klub

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x