Masalah Pembebasan Lahan Jadi Alasan Tol Cisumdawu Baru Diresmikan

- 11 Juli 2023, 20:50 WIB
Presiden Jokowi saat mengecek jalan tol
Presiden Jokowi saat mengecek jalan tol /editornews.id/


EDITORNEWS.ID - Jalan Tol penghubung Cileunyi Bandung - Dawuan Majalengka (Cisumdawu) akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (11/7).

Diketahui jalan tol yang dibangun sejak tahun 2011 itu, baru selesai dan dioperasikan tahun 2023. Artinya butuh waktu 12 tahun pengerjaan tol tersebut.

Meskipun belum sepenuhnya rampung, main road tol penghubung Cileunyi-Sumedang-Dawuan ini, sudah rampung 100 persen.

Dengan berfungsinya Tol Cisumdawu, perjalanan dari Bandung menuju Kertajati, Majalengka, bisa ditempuh hanya dalam waktu 40 menit.

Baca Juga: Resmi Disahkan, Intip Disini Poin RUU Kesehatan Jadi UU yang Ditolak

Kendati demikian, jalur tol tersebut jalur Tol Cisumdawu dari Cileunyi hingga Gerbang Tol Ujung Jaya baru akan bisa dilintasi pada Rabu, 12 Juli 2023.

Presiden Jokowi mengatakan, Tol Cisumdawu ini merupakan jalan tol yang menghubungkan Tol Purbaleunyi dengan Tol Cipali sudah mulai dibangun sejak tahun 2011 dan sempat terkendala dengan pembebasan lahan.

"Sudah 12 tahun, memang banyak problem di lapangan utamanya urusan pembebasan lahan, pembebasan tanah," kata Jokowi dalam sambutannya.

Tol Cisumdawu memiliki panjang 61,6 km dari Cileunyi hingga Dawuan yang melintas dari Kabupaten Bandung hingga Majalengka. Pembangunan tol Cisumdawu memakan anggaran mencapai Rp18,3 triliun dengan anggaran dari pemerintah mencapai Rp9,07 triliun.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x