5 Kepala Negara yang Terkenal Koruptor, Salah Satunya Indonesia

- 7 April 2021, 10:28 WIB
Ilustrasi buronan korupsi ditangkap/pixabay/sajinka2
Ilustrasi buronan korupsi ditangkap/pixabay/sajinka2 //Aini/

EDITORNEWS - Kepala Negara merupakan seorang pemimpin di suatu negara yang seharusnya menjadi panutan terbaik bagi rakyatnya.

Namun tidak semua Kepala Negara bisa mengemban amanah mereka dengan sesungguhnya, bahkan dengan memiliki kekuasaan yang tinggi mereka justru menyalahgunakan.

Sama halnya dengan keuangan, memiliki Kepala Negara yang serakah akan berdampak kepada banyak orang terutama perekonomian negara tersebut.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Anak Muda Terjun Creativepreneur Conference

Baca Juga: Menlu Retno Marsudi Sampaikan Apresiasi Kepada Pihak yang Bantu Bebaskan Korban Penyanderaan Abu Sayyaf

Dikutip dalam kanal Youtube SocialHits dan sumber lainnya berikut nama Kepala Negara yang terseret dalam kasus korupsi.

1. Alberto Fujimori, merupakan mantan Presiden Peru pada periode jabatan tahun 1990 – 2000, dan ditahun 2009 dinyatakan divonis 25 tahun penjara atas dakwaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan korupsi sebesar $600 juta US (Rp7,98 triliun).

2. Soeharto merupakan Presiden Indonesia kedua periode jabatan 1967-1998 menjadi tahanan rumahan akibat tindak korupsinya di tahun 2000, karena alasan kesehatan korupsinya mencapai $15 – 35 miliar US (Rp456 triliun).

3. Ferdinand Marcos merupakan mantan presiden Filipina menjabat dari tahun 1972 – 1986 dengan total korupsi sebesar $5 – 10 miliar US (Rp133 triliun).

4. Mobutu Sese Seko merupakan mantan presiden Zaire, selain terkenal menjadi seorang koruptor juga terkenal menjadi tuan rumah pertarungan gelar juara dunia kelas berat antara Muhammad Ali dan George Foreman.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x