Heboh Pemberitaan Virus Covid-19 yang Baru, Menkes Budi Gunadi Minta Masyarakat Tak Perlu Panik

- 31 Desember 2020, 10:18 WIB
Tangkap layar Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin/YouTube/Sekretariat Presiden
Tangkap layar Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin/YouTube/Sekretariat Presiden /

EDITORNEWS - Belum usai kasus pandemi Covid-19 yang melanda seluruh Negara termasuk Indonesia, kini heboh beredar kabar adanya jenis baru dari virus Corona ini.

Beberapa Negara mengambil kebijakan menutup sementara penerbangan Internasional . Termasuk Indonesia, menutup pintu kedatangan WNA dari seluruh Negara terhitung mulai 1 hingga 14 Januari 2021 mendatang.

Menyikapi situasi yang tengah terjadi, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi meminta masyarakat agar tidak panik dengan adanya varian baru virus penyebab Covid-19.

Baca Juga: Vaksin Telah Siap Sedia Namun Belum Mendapat Izin BPOM, Ini Penjelasannya

Virus baru B117 maupun N501 ini tidak lebih parah dari SARS-Cov-02. Virulensinya tidak terbukti lebih tinggi dari yang lain. Varian virus baru tersebut terbukti lebih cepat menular jadi lebih transmisif tapi tidak lebih mematikan.

"Yang kedua virus ini bisa dideteksi. Jadi virus covid biasa, takutnya kan kalau bermutasi begitu dites tidak kelihatan, nah ini tetap kelihatan. Walaupun kita tidak tahu kalau swab antigen atau lainnya kita tidak tahu ini virusnya yang mana, tapi kita masih bisa deteksi," ujar Budi saat jumpa pers di RSUP dr Hasan Sadikin, Kota Bandung, Rabu 30 Desember 2020.

Baca Juga: Masyarakat, TNI, Polri Bersama Copot Atribut FPI di Petamburan 3

Kemudian yang ketiga, lanjut dia, yang perlu disampaikan pada publik adalah pihaknya belum tahu di Indonesia sudah ada apa belum.

"Jadi jujur saya katakan kita belum tahu, nah orang keluar masuk kan sudah lumayan sampai kemarin. Itu makanya kita tutup dulu, supaya mengurangi probalitas masuk yang lain, langkah kedua yang kita lakukan saya mulai tadi malam minta balitbangkes untuk melakukan virus genome sequencing (penelitian genetika virus)," ujar Budi.

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x