Minyak Rusia Laris Manis Di Timur Tengah, Meskipun Banyak Tekanan dari AS dan Para Sekutunya

- 9 Maret 2023, 22:02 WIB
Uni Emirat Arab telah meningkatkan pembelian minyak mentah Rusia
Uni Emirat Arab telah meningkatkan pembelian minyak mentah Rusia /

EDITORNEWS.ID - Uni Emirat Arab telah meningkatkan pembelian minyak mentah Rusia, meskipun ada tekanan yang meningkat dari AS dan sekutu Baratnya untuk mengekang perdagangan dengan Moskow, Reuters melangsir pada hari Selasa, 7 Maret 2023.

Statistik menunjukkan bahwa sekitar 1,5 juta barel minyak mentah Rusia telah dikirim ke negara Teluk itu sejak November dengan volume keseluruhan telah tumbuh sejak awal 2022.

Kargo terbaru dengan minyak mentah Ural Rusia dilaporkan tiba di pusat minyak Fujairah awal bulan ini.

Menurut perusahaan analitik energi Kpler, pengiriman pertama terjadi pada 2019, tetapi pengiriman meningkat setelah April 2022 dengan jeda antara Juli dan Oktober 2022.

Baca Juga: Gubernur Michigan Menduga Aplikasi TikTok Dapat Menimbulkan Ancaman Keamanan Nasional

Data dari platform analisis keuangan Refinitiv Eikon menunjukkan bahwa pengiriman minyak mentah Rusia pertama ke UEA adalah pada tahun 2022 dengan lonjakan pada bulan April.

UEA telah memperkuat kerja sama ekonomi dan perdagangannya dengan Rusia baru-baru ini, meskipun ada tekanan Barat untuk mengakhiri praktik tersebut.

Perdagangan antara kedua negara mencapai titik tertinggi sepanjang masa tahun lalu dengan negara Timur Tengah untuk menjadi salah satu dari 20 mitra ekonomi teratas Rusia.

UEA adalah rumah bagi salah satu pusat transshipment terbesar di dunia, pelabuhan Jebel Ali di Dubai dan merupakan mitra dagang terbesar Rusia di kawasan ini, terhitung 55 persen dari total perdagangan antara Moskow dan negara-negara Teluk.

Baca Juga: FBI Mnyelidiki Kematian Dana Hyde Mantan Pengacara Clinton dan Obama di Pesawat Pribadi

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x