CEO Lama YouTube, Susan Wojcicki, Akan Mengundurkan Diri Sebagai Kepala Platform Video Milik Google

- 18 Februari 2023, 20:44 WIB
Saya telah memutuskan untuk mundur dari peran saya sebagai kepala YouTube
Saya telah memutuskan untuk mundur dari peran saya sebagai kepala YouTube /

EDITORNEWS.ID - Neal Mohan yang akan mengambil alih jabatan tersebut, sementara Wojcicki sendiri berniat untuk tetap dalam peran penasihat di Google dan perusahaan induknya Alphabet.

"Saya telah memutuskan untuk mundur dari peran saya sebagai kepala YouTube dan memulai babak baru yang berfokus pada keluarga, kesehatan, dan proyek pribadi yang saya sukai," kata Wojcicki dalam email kepada staf pada hari Kamis  yang kemudian dibagikan di blog resmi YouTube.

"Susan telah membangun tim yang luar biasa dan memiliki di Neal seorang penerus yang siap untuk mulai bekerja dan memimpin YouTube melalui dekade kesuksesan berikutnya," kata CEO Alphabet Sundar Pichai dalam sebuah pernyataan.

Wojcicki bergabung dengan Google sebagai manajer pemasaran pada tahun 1999, beberapa bulan setelah pendirinya Larry Page dan Sergey Brin menyewa garasi rumah Silicon Valley orang tuanya sebagai kantor mereka.

Baca Juga: Kebijakan Penukaran Jarak Tempuh Korean Air Tidak Hanya Menuai Reaksi Keras dan Kritik dari Pemerintah

Dia menyarankan Brin dan Page untuk membeli YouTube pada tahun 2006 dan platform periklanan online DoubleClick pada tahun 2007.

Dia menjadi CEO YouTube pada tahun 2014, dan menjadikan Mohan – yang datang dari DoubleClick – sebagai chief product officer pada tahun 2015.

Selain memainkan "peran penting" dalam meluncurkan YouTube TV dan Shorts, Mohan telah "memimpin tim kepercayaan dan keamanan kami, memastikan bahwa YouTube memenuhi tanggung jawabnya sebagai platform global," catat Wojcicki.

Pada Forum Ekonomi Dunia tahun lalu di Davos, Wojcicki menggambarkan tanggung jawab itu dengan mengatakan bahwa konflik di Ukraina telah menunjukkan bahwa "informasi memang memainkan peran kunci bahwa informasi dapat dipersenjatai."

Baca Juga: Siswa Korsel dengan Gangguan Membaca (disleksia) Dibantu Melalui Buku yang Mudah Dibaca

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x