Menahan Bersin dapat Mengakibatkan Cedera pada Organ Pernapasan

- 7 Desember 2023, 20:35 WIB
bahaya menahan bersin
bahaya menahan bersin /pexels/Andrea Piacquadio/

EDITORNEWS.ID - Pernahkah anda terpikirkan untuk menahan bersin ketika merasakannya? jika pernah, buang jauh-jauh pikiran tersebut.

Sebuah kasus yang dilaporkan dalam British Medical Journal menjelaskan bahwa, seorang pria berumur 30 tahunan dan memiliki riwayat alergi mendapati tenggorokannya robek setelah ia mencoba menahan bersinnya.

Pria yang mencoba menutup hidung dan mulutnya itu, membuat udara keluar ke dada dan leher yang menyebabkan robekan pada tenggorokan atau dapat dikenal sebagai robekan trakea.

Luka itu disebabkan oleh peningkatan tiba-tiba pada tekanan udara yang ada di tenggorokannya sebesar dua puluh kali lebih tinggi dari biasanya.

Baca Juga: Mengapa Sabun Anti Bakteri Menjadi Pilihan Utama untuk Kebersihan? Berikut Penjelasannya

Setelah mengalami sakit leher setelah bersin yang menyakitkan, pria 30 tahun itu mencari pertolongan ke rumah sakit Ninewells di Dundee, skotlandia.

Dokter mengamati suara retakan, ketika ia memegang leher pria tersebut dan menemukan robekan sebesar biji wijen.

"Kami menduga trakea berlubang, karena penumpukan tekanan yang cepat di trakea saat bersin dengan hidung terjepit dan mulut tertutup," tulis dokter.

Ini adalah pertama kalinya dokter mencatat robekan trakea yang disebabkan oleh bersin yang tertahan. Komplikasi ini lebih sering disebabkan setelah operasi untuk mengangkat kelenjar tiroid atau setelah penyisipan tabung pernapasan di tenggorokan seseorang untuk membantu mereka bernapas.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Mengatasi Bau Badan: Segar Sepanjang Hari

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x