Wajib Tau! Berikut Bahaya Minum Minuman Bersoda Usai Seharian Berpuasa

- 14 April 2023, 00:00 WIB
Minuman bersoda
Minuman bersoda /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Puasa selama kurang lebih 13 jam lamanya akan membuat kamu merasa sangat haus. Saat waktu berbuka tiba, kamu tentu harus mengganti cairan tubuh yang hilang dengan cukup air.

Namun, terdapat beberapa minuman yang dapat menimbulkan efek samping saat dikonsumsi langsung setelah berbuka, salah satunya yakni minuman bersoda.

Pasalnya, minum minuman bersoda usai berpuasa dapat memberikan bahaya bagi tubuh. gelembung karbondioksida dalam minuman bersoda yang mengandung berkarbonasi akan meningkatkan gas pada saluran pencernaan.

Apalagi jika dikonsumsi saat perut kosong, lambung otomatis akan meningkatkan kadar asam di dalamnya.

Baca Juga: Resep Ayam Pedas Renyah Empuk Ala Chef Devina Hermawan Cocok untuk Menu Buka Puasa atau Sahur

Bukan hanya organ lambung saja yang mengalami masalah, minuman bersoda juga dapat menyebabkan asam di mulut, maag, hingga sensasi panas di dada.

Salah satu dokter yakni, dr. Fiona Amelia, MPH, menyebutkan minuman soda memang memiliki kandungan gulanya yang sangat tinggi. Satu botol kecil minuman soda sekitar 300-350 ml kadar gulanya bisa 25 gram lebih.

Artinya jumlah itu sudah lebih dari asupan gula tambahan yang disarankan. Maksimal sebenarnya 25 gram per hari, baik pada pria atau wanita, atau sekitar 4 sendok the.

Selain itu, tingginya kandungan asam sitrat dan gula dalam minuman bersoda juga dapat menyebabkan masalah, seperti pengikisan enamel gigi, gigi berlubang, serta bau mulut. Tips aman mengonsumsi soda adalah memberi jeda dua jam setelah berbuka.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x