Tips Rumahan untuk Atasi Perut Kembung dan Sembelit

- 18 Januari 2023, 23:23 WIB
Ilustrasi. Perut kembung bisa jadi tanda penyakit yang serius
Ilustrasi. Perut kembung bisa jadi tanda penyakit yang serius /Foto: Pixabay/

EDITORNEWS.ID – Perut kembung atau bloating memang menimbulkan rasa tak nyaman. Apalagi jika ditambah sembelit alias susah BAB (buang air besar).

Situasi seperti ini bisa atau bahkan sering kita alami sehari-hari. Terlebih jika kita terlalu banyak makan dan cenderung tanpa aturan.

Kondisi perut jadi kembung, terjadi ketika perut terasa penuh dan tidak nyaman. Salah satu alasan perut kembung ini, apalagi kalau bukan karena sembelit juga.

Sulit atau jarangnya buang air besar, akhirnya membuat perut jadi penuh dan sakit. Tak menutup kemungkinan kita kesulitan utuk buang angin.

Baca Juga: keunikan tahun baru imlek di Indonesia Selain Atraksi Barongsai

Selain itu, pola makan yang tidak sehat atau tidak teratur, gaya hidup yang kurang gerak atau bahkan kurang tidur di malam hari adalah beberapa alasan di balik kenapa perut kitab bisa sembelit dan kembung.

Jika Anda mengalami hal seperti ini tiba-tiba, jangan dulu panik. Ada cara rumahan untuk mengatasi sembelit dan kembung.

Dilansir dari NDTV, kitab isa memanfaatkan buah pisang. Setelah makan, ambil pisang, kupas dan potong-potong lalu taburkan sejumput bubuk lada hitam serta garam, lalu langsung dimakan perlahan.

Buah pisang sarat dengan kandungan serat (fiber) yang bisa membantu untuk mengatasi sembelit. Tak hanya itu, buah satu ini juga tinggi akan potasium yang mengurangi kembung yang disebabkan oleh sodium.

Baca Juga: Apa Itu Imlek? Asal Usul dan Keunikan Perayaan Meriah Bangsa Tionghoa

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x