Gagal Ginjal Akut Ancam Tumbuh Kembang Anak

- 31 Oktober 2022, 17:00 WIB
Ilustrasi anak sakit
Ilustrasi anak sakit /

EDITORNEWS.ID – Kasus gagal ginjal akut sedang menjadi perhatian dan sorotan tajam. Pasalnya ratusan anak terjangkit penyakit ini dan 50 persen di antaranya meninggal dunia.

Pemerintah sendiri belum memastikan apa penyebab utama dari merebaknya kasus gagal ginjal akut pada anak. Kecurigaan saat ini baru merujuk pada obat sirup yang mengandung cemaran EG dan DEG.

Secara fisik anak yang mengalami gagal ginjal tubuhnya mengalami pembengkakan. Hal tersebut dikarenakan protein yang diserap dari makanan sehari-hari akan hilang di urine.

Adanya proses peradangan membuat sawar pada ginjal mengalami kebocoran. Dampaknya akan terjadi pembengkakan karena protein albumin akan keluar ke tubuh.

Baca Juga: Kesaksian ART Ferdy Sambo Kian Menguatkan Kebohongan soal Anak Bungsu Putri Candrawathi

Selain gagal ginjal kronis, anak pun bisa saja mengalami gagal ginjal akut seperti orang dewasa. Gagal ginjal akut pada anak yaitu kondisi klinis ketika ginjal mengalami kerusakan atau penurunan fungsi.

Adapun penyebab gagal ginjal akut terbagi menjadi tiga faktor, antara lain:

* Faktor prerenal, yaitu faktor yang menyebabkan perburukan fungsi ginjal sebelum organ ginjal dan penyebab yang paling umum adalah syok hipovolemik, suatu kondisi kekurangan cairan yang menyebabkan aliran darah ke ginjal berkurang.

* Faktor renal, yaitu gagal ginjal terjadi akibat kerusakan yang terjadi kerusakan yang terjadi pada ginjal, dan beberapa gangguan yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal secara langsung adalah toksin, methanol dan infeksi.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x