Penderita Diabetes Bisa Selamat dari Amputasi Jika Lakukan Ini

- 5 Februari 2022, 14:27 WIB
Kenali diabetes yang dapat menyerang anak-anak hingga paruh baya.
Kenali diabetes yang dapat menyerang anak-anak hingga paruh baya. /Pixabay.com

EDITORNEWS.ID - Kondisi penderita diabetes selama ini rentan dan memiliki resiko cukup tinggi dilakukannya tindakan medis berupa amputasi.

Meski tidak semua kasus penderita diabetes seperti ini, namun ada beberapa kondisi tertentu yang mengharuskan dilakukan operasi amputasi.

Ada sejumlah kondisi yang membuat pasien diabetes terpaksa mengambil tindakan amputasi, yaitu penyumbatan pembuluh darah yang mengakibatkan aliran darah ke ujung kaki berkurang dan memperlambat penyembuhan jaringan jika terdapat luka.

Sumbatan yang besar juga dapat menyebabkan kematian jaringan kaki akibat nutrisi dan oksigen yang tidak tercukupi hingga ke ujung kaki dan membuat kaki menjadi kehitaman.

Baca Juga: Keringat Dingin? Sebaiknya Berhati Hati dengan Ciri Penyakit Mematikan ini

Hal ini disampaikan oleh Dr.Jimmy Tandradynata selaku Dokter spesialis penyakit dalam di Diabetes Connection Care (DCC) Eka Hospital BSD Tangerang Selatan.

Dr.Jimmy menjelaskan, pencegahan amputasi bagi penyandang diabetes dapat dilakukan dengan deteksi dini melalui pemeriksaan saraf tepi kaki dan skrining penyempitan pembuluh darah di kaki.

"Seperti umumnya pencegahan komplikasi diabetes, kaki diabetes juga dapat dicegah dengan mengontrol gula darah. Selain itu, munculnya sejumlah luka di area kaki merupakan gejala awal yang perlu diwaspadai oleh penyandang diabetes.

''Oleh karena itu, konsultasi dan perawatan dengan dokter spesialis perlu dilakukan sebagai upaya preventif tindakan amputasi," kata Dr. Jimmy Tandradynata

Baca Juga: Riwayat Diabetes Dapat Sebabkan Kebutaan, Ini Penjelasannya

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x