Air Perasan Jeruk Nipis Memiliki Manfaat dan Bahaya, Simak Penjelasannya

- 1 Februari 2022, 14:28 WIB
Ilustrasi manfaat air jeruk nipis
Ilustrasi manfaat air jeruk nipis /

EDITORNEWS.ID - Jeruk nipis merupakan jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia dan Amerika Tengah dikenal juga sebagai jeruk pecel.

Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3 sampai 6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil.

Buah yang memiliki tingkat keasaman yang pekat ini ternyata mempunyai manfaat yang begitu besar untuk tubuh manusia dengan bobot yang begitu kecil.

Baca Juga: 8 Manfaat Tanaman Aloe Vera, Salah Satu bisa Turunkan Kadar Gula Darah

Dilansir dari laman Healtline, berikut ini 7 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan diantaranya:

1. Sumber antioksidan, jeruk nipis mengandung senyawa aktif tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh antara lain flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C yang ada didalam kandungan jeruk nipis dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

3. Menyehatkan kulit, karena kandungan vitamin C di dalamnya. Sebagai informasi, vitamin C diperlukan untuk memproduksi kolagen, sebuah senyawa protein yang membuat kulit menjadi kencang.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manfaat minum jeruk nipis dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 5 Hal Menarik dari Kucing yang Bikin Pemiliknya Jatuh Hati

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah