Dua Juta Spesies Flora dan Fauna Terancam Punah

- 12 November 2023, 11:20 WIB
Salah satu daya tarik Desa Dumaring adalah hutan lindungnya. Menjadi aspek penting dari ekowisata, hutan menawarkan berbagai flora dan fauna kepada wisatawan.
Salah satu daya tarik Desa Dumaring adalah hutan lindungnya. Menjadi aspek penting dari ekowisata, hutan menawarkan berbagai flora dan fauna kepada wisatawan. //Tangkap Layar YouTube

EDITORNEWS.ID - Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, sebanyak dua juta jenis hewan dan tumbuhan terancam punah. 

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Axel Horchkirch dari Luxembourg Musée National d'Histoire Naturelle, menemukan bahwa dua kali lebih banyak spesies berisiko musnah daripada yang diperkirakan sebelumnya. 

Hewan seperti paus biru, angel shark, european mink termasuk kedalam hewan yang beresiko untuk musnah. 

Sementara itu, banyak tanaman juga berisiko musnah, mulai dari Aster des Pyrenees yang indah hingga Cemara Spanyol yang menjulang tinggi.

Baca Juga: Majelis Ulama Indonesia Keluarkan Fatwa Haram Beli Produk yang Dukung Agresi Israel

Kelompok hewan invertebrata, serangga, bivalvia, dan cephalopoda, mengalami kenaikan risiko signifikan dibandingkan pada perhitungan sebelumnya. 

Dr Horchkirch mengatakan bahwa perubahan penggunaan lahan pertanian, termasuk perkebunan pohon, sekarang menjadi ancaman terbesar bagi flora dan fauna Eropa.

Dari spesies yang dinilai, 2.389 digolongkan terancam punah oleh Daftar Merah The International Union for Conservation of Nature (IUCN) yang dianggap sebagai sumber informasi konservasi paling komprehensif. Perhitungan ini mencakup 18 persen vertebrata, 24 persen invertebrata, dan 27 persen tanaman. 

Hasil perhitungan ini meningkat dua kali lipat dari sebelumnya yang menunjukan bahwa hanya 10 persen invertebrata yang berisiko musnah. 

Baca Juga: Bumi Semakin Panas, Efek El Nino Meningkat Tahun Depan

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x