Benarkan Kemunculan Ikan Kiamat Pertanda akan Terjadi Bencana, Begini Penjelasannya

- 26 Juli 2023, 20:35 WIB
Penampakan ikan kiamat
Penampakan ikan kiamat /editornews.id/

EDITORNEWS.ID – Jagat maya baru-bau ini digegerkan dengan beredarnya video seorang kelompok penyelam yang berhasil menemukan ikan oarfish atau ikan kiamat di laut dalam pantai timur laut Taiwan.

Penemuan ini menarik perhatian banyak orang karena ukuran ikan yang luar biasa dan kesulitan untuk menemukan spesies ini di dekat permukaan air.

Ikan oarfish tersebut terkategori ikan raksana, terlihat seperti  memiliki panjang lebih dari enam kaki, dengan beberapa bekas gigitan terlihat di tubuhnya.

Spesies ikan oarfish dikenal sebagai penghuni zona mesopelagik, yaitu wilayah perairan yang berada antara kedalaman 200 meter (sekitar 658 kaki) hingga 1.000 meter (sekitar 3.280 kaki) di bawah permukaan laut.

Baca Juga: Nasib Pilu Eks Model Dewasa Diah Risti Kusuma Putri, Dulu Tajir Mlintir Kini Hidup di Rumah Reyot

Karena keberadaannya yang jarang di perairan dangkal, ikan oarfish sering dianggap sebagai makhluk misterius dan menarik, serta sering dikaitkan dengan legenda lokal.

Menurut cerita rakyat Jepang, penampakan oarfish adalah pertanda bencana yang akan datang. Ikan itu disebut pula 'ryugu no tsukai' yang artinya 'pembawa pesan dari Kerajaan Tuhan'.

Legenda Jepang percaya bahwa oarfish merupakan pelayan 'Ryujin', yakni Dewa Laut. Ikan tersebut membawa pesan dari Ryujin bahwa akan terjadi gempa di daratan.

Sebelumnya, kemunculan oarfish di Jepang pernah terjadi menjelang gempa di Tohoki dan bencana nuklir di Fukishima. Kendati demikian, ilmuwan mengatakan tak ada hubungan antara kemunculan oarfish dan kondisi Bumi.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x