Kisah Tiko, Anak yang Rawat Ibu Depresi lantaran Ditinggal Suami

- 3 Januari 2023, 23:44 WIB
 Ibu Eny, ibu kandung yang dirawat Tiko 11 tahun di rumah terbengkalai akhirnya dievakuasi ke rumah sakit jiwa./Instagram @cakapviral.id
Ibu Eny, ibu kandung yang dirawat Tiko 11 tahun di rumah terbengkalai akhirnya dievakuasi ke rumah sakit jiwa./Instagram @cakapviral.id /

EDITORNEWS.ID - Kisah Tiko viral di media sosial. Pemuda 23 tahun tersebut sudah 11 tahun merawat ibunya yang mengidap depresi di rumah mewah, kawasan Jakarta Timur.

Tiko sendiri merupakan anak satu-satunya dari ibu tersebut. Sang ibu diketahui bernama Eny Sukaesih.

Kisah pilu Tiko dimulai sejak ayahnya pergi meninggalkan ibunya. Tiko merasakan ada keanehan terhadap kondisi sang ibu yang mulai kurang sehat dan suka berbicara sendiri.

"Sejak 2011-2013 ibu kurang sehat suka ngomong sendiri, suka marah-marah," cerita Tiko dikutip dari Youtube Bang Brew TV, Selasa (3/1).

Kendati demikian, Tiko tak surut untuk terus merawat ibunya. Ia sempat bekerja untuk menghidupi keluargnyya dengan menjadi pedagang cilor.

Baca Juga: Kisah Warga saat Tertimbun Puing Rumah yang Hancur Dihantam Gelombang Tinggi

Kini, ia dipercaya warga di lingkungan tempat tinggalnya untuk menjadi anggota petugas keamanan. Sementara rumah mewah yang dihuni ibunya tampak tak terurus dan terbengkalai. Bahkan, rumah tersebut sudah tidak ada listrik dan air.

"(Untuk makan) saya kerja, saya pulang. Untuk belanja sendiri Ibu masih bisa. Tapi kalau untuk ngobrol itu udah gak bisa karena semua orang dianggap musuh," kata Tiko.

Menurut penuturan Tiko, sang ayah bernama Herman Moedji Susanto yang kini keberadaannya tak diketahui. Dulunya merupakan rekanan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Saat meninggalkan Tiko dan ibunya, umurnya sudah sekitar 80 tahun.

"Saya tahunya cerai, kalau gak salah pergi pulang ke kampung Madiun," tuturnya.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x