Kisah Warga saat Tertimbun Puing Rumah yang Hancur Dihantam Gelombang Tinggi

- 2 Januari 2023, 15:21 WIB
Ilustrasi/Waspada! Banjir Rob Berpotensi Menerjang Pesisir Utara Jawa Tengah
Ilustrasi/Waspada! Banjir Rob Berpotensi Menerjang Pesisir Utara Jawa Tengah /Antara/

EDITORNEWS.ID – Pesisir Kabupaten Indramayu, Jawa Barat baru saja dihantam gelombang tinggi. Akibatnya sejumlah desa di lima kecamatan terendam banjir rob.

Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, menjadi desa yang terdampak paling parah. Sebanyak 2.095 rumah terendam, 21 rumah di antaranya ambruk serta 16 rumah lainnya rusak ringan.

Selain itu, 7 sarana pendidikan dan 9 sarana ibadah juga turut terendam banjir. Sedikitnya 879 warga mengungsi ke sejumlah tempat aman.

Terlebih, di antara mereka bahkan ada yang sempat tertimbun puing bangunan. Adalah Sutiah (50), warga Desa Eretan Kulon Blok Kebon I, yang berhasil lolos dari maut meski terkubur material bangunan rumahnya.

Baca Juga: 'The Real' Mega Bintang, Debut Solo RM, V BTS, dan Jungkook BTS Raih Pencapaian Milestone

"Alhamdulillah, saya selamat dari maut. Padahal waktu itu saya berfikir akan mati dan tidak mungkin selamat," ujar dia di Balai Desa Kertawinangun, Kecamatan Kandanghaur.

Sutiah pun menceritakan kronologi kejadian hari itu. Saat gelombang tinggi memorak-porandakan rumahnya yang berjarak satu meter dari laut hingga dirinya lolos dari maut.

"Ombak besar itu terjadi pada hari Sabtu 31 Desember 2022 pukul 04.00 WIB. Waktu itu saya di rumah berdua sama suami habis beres-beres perkakas untuk ditaruh ke bagian rumah yang lebih tinggi, karena saat itu air sudah menggenangi lantai rumah. Ketika saya mau ngambil baju, terus tiba-tiba ombak datang sangat besar sekali, kemudian menghantam rumah saya hingga roboh," kata dia.

Material rumahnya yang roboh itu menimpa tubuh Sutiah hingga ia tertimbun. Suami Sutiah yang lolos dari reruntuhan pun seketika panik saat menyadari istrinya terjebak di antara puing-puing bangunan.

Baca Juga: Tak Terima Dituding Batal Nikah Karena Rp700 Ribu dan Bentak Banting Pintu, Dona Pun Lapor ke Polisi

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x