Ngunduh Mantu Kaesang Erina, Jokowi Sebut Wujud Nguri-nguri Budaya

- 11 Desember 2022, 09:40 WIB
Putra Kahiyang Ayu Tak Pakai Beskap di Pernikahan Kaesang Pangarep Curi Perhatian, Disebut Sudah Dibujuk Jokowi
Putra Kahiyang Ayu Tak Pakai Beskap di Pernikahan Kaesang Pangarep Curi Perhatian, Disebut Sudah Dibujuk Jokowi /YouTube Jokowi

EDITORNEWS.ID - Hari ini prosesi ngunduh waktu Kaesang-Erina dilaksanakan.

Prosesi ngunduh mantu ini dimulai di Rumah Dinas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung yang dimulai pada pukul 07.15 WIB.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, prosesi ngunduh mantu putra bungsunya Kaesang Pangarep merupakan bagian dari "nguri-uri" atau memelihara budaya Jawa.

"Hari ini Minggu, 12 Desember 2022, kami 'ngunduh mantu' Kaesang Pangarep dan Erina Gudono," kata Presiden di sela prosesi "ngunduh mantu" di Loji Gandrung Solo, Minggu (11/12).

Baca Juga: Hotman Paris Kritik Pasal Perzinaan di KUHP, Disebut Sebagai Kabar Buruk Bagi Turis Asing

Prosesi ngunduh mantu ini dilakukan dengan adat budaya Jawa nan kental. Jokowi pun menyebut hal ini merupakan bagian dari merawat dan memelihara kebudayaan.

"Budaya adalah warisan para leluhur. Mengenalkan budaya kita adalah kewajiban. Mencintai budaya adalah kewajiban kita bersama," katanya.

Mengenalkan dan mencintai kebudayaan, menurut dia, merupakan suatu kewajiban. Kecintaan pada budaya, lanjut dia, harus ditunjukkan agar identitas budaya kita muncul kembali.

"Agar karakter kita, karakter budaya kita bisa semakin kita cintai," katanya.

Baca Juga: Viral! Oknum Polisi Hamili Pacarnya dan Minta Gugurkan Kandungan Karena Malu

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x