Guncangan Konser Taylor Swift Setara Dengan Gempa M 2.3, Kok Bisa ?

- 30 Juli 2023, 12:04 WIB
Taylor Swift
Taylor Swift /Meri/

EDITORNEWS.ID_ Jackie Caplan-Auerbach, seismolog Negara Bagian Washington melaporkan bahwa kegiatan konser Taylor Swift di Seattle, Washington, menyebabkan aktivitas seismik yang setara dengan gempa bumi magnitudo 2,3.

Seismolog itu mengecek data gelombang seismik dari sebuah stasiun yang terletak di luar Lumen Field di Seattle, tempat Taylor Swift melakukan tur konser pada 22 Juli yang bernama The Eras Tour.

Hal ini disampaikan oleh seismolog Jackie Caplan-Auerbach yang menyebut getaran itu dengan "Swift Quake". Bukan pertama, sebelumnya aktivitas seismik juga terjadi pada tahun 2011 lalu dengan nama "Beast Quake".

Menggunakan seismograf, Caplan-Auerbach yang juga bekerja sebagai profesor geologi di Universitas Washington Barat mengukur aktivitas seismik selama Taylor bernyanyi.

Baca Juga: Semakin Panas ! Netflix Akan Merilis Dokumenter Pertarungan Hukum Jhonny Depp Dan Amber Heard

The New York Times menjelaskan konser itu dihadiri sekitar 70.000 penggemar Taylor Swift yang dikenal sebagai Swifties.

"Ini (konser Taylor Swift) jauh lebih besar daripada Beast Quake dalam hal amplitudo mentah dari guncangan, dan itu berlangsung jauh lebih lama, tentu saja, Beast Quake adalah momen dalam waktu, tetapi sejauh ini Swifties (penggemar Swift) benar-benar mengalahkan penggemar Seahawks,” jelasnya

Gabungan dari aktivitas Swifties yang menari, bernyanyi, musik, sound system, dan suara Taylor sendiri menjadi faktor gempa kecil itu bisa terjadi.

Konser tersebut diketahui dimulai sejak pukul 19.00-22.00 waktu setempat. Ada dua puncak di mana aktivitas seismik tercatat tinggi, pertama sekitar pukul 19.30 dan yang kedua sekitar pukul 21.30.

Baca Juga: Kegilaan Media Terjadi Saat Vietnam Gelar Red Carpet Untuk Menyambut BLACKPINK Di Bandara Swarm

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x