Faktor Ekonomi Menjadi Penyebab Pemeran Ikal di Film ‘Laskar Pleangi’ Melakukan Penipuan Open BO

- 3 Mei 2023, 20:37 WIB
Zulfani Pasha alias Ikal 'Laskar Pelangi'
Zulfani Pasha alias Ikal 'Laskar Pelangi' /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Aktor yang berperan sebagai Ikal di Laskar Pelangi, Zulfani Pasha ditetapkan sebagai tersangka karena terlibat kasus penipuan open BO yang melibatkan PA istrinya.

Didampingi istri dan temannya yang kini menjadi tahanan Polres Belitung Timur, Ikal mengaku jika tindak kejahatan yang dilakukannya terjadi secara spontan. Hal itu dilatari ekonomi yang tengah menjeratnya sehingga nekat melakukan aksi penipuan melalui aplikasi “Hijau”. 

"Terkait kasus dugaan penipuan dan senjata tajam tanpa izin, penyidik menetapkan tiga tersangka yakni inisial ZP (Zulfani Pasha), PA (istri ZP) dan sopir mobil inisial A," ujar Kasat Reskrim Polres Belitung Timur, AKP Wawan Suryadinata, dikutip Rabu (3/5).

Dalam kasus penipuan tersebut, pemeran Ikal dalam Film Laskar Pelangi bekerja sama dengan sang istri menipu pria hidung belang dengan modus prostitusi lewat aplikasi MiChat.

Baca Juga: Diisukan Jadi Orang Ketiga dalam Hubungan Virgoun dan Inara, Tenri Ajeng Anisa Marah Jika Ibunya Dilibatkan

Terungkapnya kasus ini bermula saat korban bernama Rocky melapor ke Polres Belitung Timur karena diancam dengan senjata tajam. Namun, saat pelaku ditangkap dan dilakukan pemeriksaan, terungkap fakta kasus bermula dari penipuan yang dilakukan Zulfani dan istri.

Modus yang dilakukan tersangka, yakni menjaring pria hidung belang yang mau berkencan dengan PA, istri Zulfani lewat aplikasi kencan MiChat. Usai mendapat target, ia pun lalu janjian dengan korban.

"Jadi istri ZP ini yang melakukan tawar menawar harga untuk kencan. Lalu korban Rocky dan PA ini sepakat harga untuk berkencan yakni Rp 500 ribu," katanya.

Atas tindakan ini para pelaku terjerat 3 pasal sekaligus, yakni Pasal 2 Ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951, Pasal 378 KUHPidana Tentang Penipuan dan Pasal 335 KUHPidana Tentang Perbuatan tidak Menyenangkan.

Terakhir terkuak PA adalah istri ketiga Ikal.  Bahkan keduanya adalah pengantin baru yang baru menikah Maret 2023 lalu.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x