7 Kampus Swasta di Indonesia yang Menawarkan Beasiswa KIP Kuliah

- 26 Juni 2023, 21:01 WIB
Scholarsip Application
Scholarsip Application /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Faktor ekonomi kerap menjadi alasan anak muda tidak melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Namun hadirnya beasiswa bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut sehingga semakin banyak anak muda yang berpendidikan tinggi.

Salah satu beasiswa di Indonesia adalah Kartu Indonesia Pintar atau beasiswa KIP Kuliah yang ditawarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Melansir dari laman KIP Kuliah Kemdikbudristek, KIP Kuliah berlaku untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), seleksi mandiri di kampus negeri maupun di kampus swasta.

Pendaftaran KIP Kuliah tidak dipungut biaya. Penerima beasiswa akan mendapatkan bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi. Selain itu, penerima juga mendapat subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000 per bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah.

Baca Juga: Perkuliahan Tetap Berjalan Pasca Penemuan Bunker Narkoba di Kampus UNM

Selain perguruan tinggi negeri, Beasiswa KIP Kuliah juga diberikan oleh kampus swasta. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini daftar kampus swasta di Indonesia yang menawarkan beasiswa KIP Kuliah:

1. Universitas Trisakti
Universitas yang ada di Jakarta ini bekerja sama dengan pemerintah dalam menyalurkan beasiswa KIP Kuliah. Calon mahasiswa pemegang KIP Kuliah bisa mengenyam pendidikan di kampus ini dengan beasiswa dari Kemendikbudristek tersebut. Pendaftaran sebagai penerima KIP Kuliah di Trisakti bisa dengan mengisi formulir di www.tsm.ac.id/pmb dan formulir KIP Kuliah www.kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

2. Universitas Islam Indonesia (UII)
Lulusan SMA/SMK dan sederajat bisa mendaftar ke Universitas Islam Indonesia (UII) melalui KIP Kuliah jalur Penelusuran Siswa Berprestasi atau PSB. Selain KIP Kuliah, ada pula Beasiswa Hafiz, Beasiswa Santri, Beasiswa Duafa, dan Beasiswa Atlet & Seni yang ditawarkan universitas ini.

3. Telkom University
Tidak kalah dengan universitas swasta lainnya, Telkom University juga membuka jalur beasiswa KIP Kuliah untuk lulusan SMA/SMK/MA. Skema beasiswa yang tersedia pada jalur beasiswa KIP Kuliah ini yakni Beasiswa Unggulan atau pembebasan biaya pendidikan hingga lulus. Calon mahasiswa dapat memilih satu dari 24 program studi untuk kuliah dengan beasiswa jenis ini.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x