Hindari 4 Cara Agar tidak Salah dalam Memilih Jurusan

- 2 Februari 2021, 09:25 WIB
Unpad adalah salah satu kampus favorit di Padang
Unpad adalah salah satu kampus favorit di Padang /Dok. Pikiran-Rakyat.com

EDITORNEWS – Setiap tahun sekolah tingkat SMA atau sederajat selalu meluluskan siswa siwi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Setiap tahun universitas baik negeri maupun swasta menerima mahasiswa baru, dengan program masing-masing, seperti Universitas Umum, Sekolah Tenaga Kesehatan, Sekolah Polisi Negara (SPN) dan masih banyak lainnya.

Jika ingin menentukan setelah tamat SMA, mau terjun ke Universitas, Akademi Kesehatan atau sekolah lainnya, ada beberapa tips yang bisa membantu, agar tidak salah dalam menentukan jurusan kedepan.

Baca Juga: Sejarah Momentum Histories RI Ternyata ada Pemuda Papua Ikut Sumpah Pemuda 1928

Baca Juga: Gelombang Pertama Pengiriman Vaksin Pfizer Untuk Malaysia Tanggal 26 Februari

Simak beberapa tips :

  1. Mengikuti yang sedang tren, jika jurusan favorit tersebut sesuai minat kamu tak ada salahnya untuk terus mengejarnya.
  2. Menuruti kemauan orang tua, jika menuruti kemauan orang tua bisa jadi salah saat jurusan yang dipilih tidak sesuai minat kamu, lebih baik menentukan jurusan sesuai kemampuan dibidang apa.
  3. Malas menggali minat dan potensi, setiap orang tentu mempunyai minat dan potensi masing-masing, hanya saja tak semua mampu mengenalinya agar bisa memilih jurusan yang tepat, cobalah untuk terus menggali minat dan potensi.
  4. Merelakan hasil tes, calon mahasiswa akan memilih beberapa jurusan dalam satu kesempatan ujian agar mendapat peluang lebih, tak jarang beberapa anak memasukan jurusan yang sepi peminat agar peluang lebih besar.

Baca Juga: Tanamkan Nilai-nilai Kebangsaan di Dunia Pendidikan, Ini Pesan Wakil Ketua MPR RI

Baca Juga: Pendidikan Karakter Adalah Peran Orang Tua Saat PJJ

Agar membuka lebih banyak peluang, tak ada salahnya memilih Universitas Internasional, dengan tujuan agar bisa mendapatkan program belajar yang berkualitas.

Universitas yang membanggakan seperti Sampoerna University, jika kamu bisa bergabung menjadi mahasiswa dan alumni lulusan universitas itu tentunya kamu akan mendapatkan 2 gelar sekaligus, yaitu gelar Sarjana S1 dari Sampoerna University dan juga gelar Bachelor’s Degree dari University of Arizona.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x