Tanamkan Nilai-nilai Kebangsaan di Dunia Pendidikan, Ini Pesan Wakil Ketua MPR RI

- 25 Januari 2021, 13:32 WIB
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Dok. MPR RI
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Dok. MPR RI /

EDITORNEWS - Menanamkan nilai-nilai pendidikan dan kebangsaan memang harus diasuh sejak dini. Peran dunia pendidikan diharapkan mampu untuk mewariskan ini kepada generasi bangsa.

Kemajemukan dan perbedaan yang ada semestinya juga harus dihargai dan diterapkan dalam pendidikan-pendidikan saat ini. Sejarah telah mencatat bahwa bangsa kita dibangun dengan keberanekaragaman dan perbedaan yang ada.

Prihatin dan khawatir dengan kejadian yang terjadi baru-baru ini di sebuah sekolah di Sumatera Barat, membuat Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Lestari Moerdijat angkat bicara.

Baca Juga: Pernyataan Mendikbud Nadiem Makarim Kasus Pemaksaan Berjilbab Siswa Nonmuslim

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Indonesia Bertambah dari 11.788 Mencapai 989.262 Kasus
Lestari Moerdijat mengingatkan kalangan pendidik agar tidak abai terhadap nilai-nilai kebangsaan, seperti kebinekaan dan toleransi yang diamanatkan para pendiri bangsa.

"Tenaga pendidik seharusnya menjadi orang yang berperan menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada para siswanya, bukan malah mengaburkan nilai-nilai itu dalam kehidupan sehari-hari," ujar Lestari dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu 24 Januari 2021.

Rerie, sapaan akrab Lestari menyikapi adanya kewajiban berkerudung bagi siswi nonmuslim di SMK Negeri, Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Rerie menyampaikan keprihatinan mendalam karena di kalangan pendidik masih ada yang belum memahami nilai-nilai kebangsaan, seperti kebhinekaan dan toleransi yang diamanatkan para pendiri bangsa.

Baca Juga: Belgia Terima Kurang Dari Srparuh Vaksin AstraZeneca Yang Diharapkan Pada Kuartal Tahun Ini

Baca Juga: Terlibat Aksi Pencurian Mobil, Oknum Polisi Sarolangun Diamankan Polres Merangin

Halaman:

Editor: Liston

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x