Jangan Sampai Salah, Ini Cara Merawat Baterai Mobil Listrik yang Benar

- 10 Maret 2023, 14:35 WIB
Baterai Mobil Listrik dan cara perawatannya
Baterai Mobil Listrik dan cara perawatannya /

EDITORNEWS.ID - Sumber utama tenaga dari mobil listrik adalah pada baterainya. Komponen tersebut sangat penting fungsinya pada kendaraan listrik dan harus benar-benar dijaga. Selain karena harganya yang sangat mahal, ternyata komponen tersebut juga sangat sulit untuk diperbaiki jika sudah rusak.
Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara merawat baterai mobil listrik yang benar agar tetap awet!

1. Meminimalkan Suhu Tinggi pada Baterai

Pada kendaraan mobil listrik memang dilengkapi dengan sebuah sistem kontrol suhu yang otomatis. Hal ini bertujuan agar tidak menguras baterai dan tetap terjaga suhunya secara optimal. Akan tetapi, kontrol suhu otomatis tersebut hanya dapat bekerja ketika kunci kontak mobil menyala.

2. Memarkirkan Mobil Listrik di Tempat Yang Teduh

Langkah berikutnya yaitu dengan cara memarkirkan mobil listrik Anda di tempat yang teduh. Hal ini agar bisa mencegah terjadinya suhu baterai yang tidak terdegradasi dengan cepat, sehingga dapat mengurangi kualitas dan usia baterai mobil listrik Anda.

3. Menghindari Fast Charging Baterai

Sebaiknya jangan melakukan pengisian daya baterai yang cepat atau fast charging. Hal ini memang menyebabkan dapat mempercepat pengisian daya baterai dalam waktu yang singkat saja. Akan tetapi, melakukan pengisian cepat akan dapat menekan terlalu banyak aliran listrik ke dalam baterai tersebut.

Baca Juga: Ini yang Ditunggu-Tunggu, Pembelian Mobil Dan Motor Listrik Dapat Subsidi Dari Pemerintah

4. Jangan Terlalu Sering Mengisi Daya Baterai

Jika Anda melakukan pengisian daya baterai terlalu sering, justru akan membuat kondisi dan kinerja baterai mobil listrik Anda semakin menurun. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pengisian daya pada saat dibutuhkan saja.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x