Kabar Gembira, PLN Akan Hadirkan 1.500 Charging Station Demi Dukung Ekosistem Motor Listrik

- 9 Maret 2023, 17:23 WIB
 1500 Charging Station untuk motor listrik
1500 Charging Station untuk motor listrik /

EDITORNEWS.ID - Sampai saat ini PT. PLN terus mendukung adanya pengembangan ekosistem kendaraan listrik dengan mempersiapkan sebanyak 1.500 charging station. Nantinya, tambahan charging station tersebut, akan tersebar di fasilitas umum, rumah ibadah, dan beberapa cabang restoran cepat saji. Kabar ini termasuk kabar gembira, sebagai dukungan pengguna kendaraan bertenaga listrik.

Hal tersebut dilakukan untuk kendaraan listrik beroda dua atau motor listrik jenis Greentech keluaran dari PT. KKBrothers Baterai Inovasi. Sinergi dari PLN dan PT KKBrothers Baterai Inovasi tersebut, tertuang di dalam nota kesepahaman (MoU).

PT. PLN (Persero) memang menjalin kerjasama dengan KKBrothers Baterai Inovasi tidak lain untuk mendukung perkembangan motor listrik di Indonesia. Keduanya pun telah menandatangani MOU. , Doddy B. Pangaribuan selaku General Manajer Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menyambut baik nota kesepahaman tersebut.

Kesepahaman yang dimaksud tentang sebuah Pengembangan dan Implementasi E-Mobility, yaitu untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dan Infrastruktur Pendukung lainnya.

Baca Juga: Calon Mobil Listrik Terlaris dari Korea Selatan, Yuk Intip Spesifikasinya!

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mempertegas tentang komitmen PLN untuk menjalankan amanah dari Perpres nomor 55 tahun 2019. Perpres tersebut berisi percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Jadi PLN memang bertanggung jawab untuk terus berkontribusi dalam pengembangan ekosistem EV.

Lebih lanjut Darmawan mengatakan pembangunan ekosistem tersebut meliputi, pembangunan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), serta home charging. Hal ini dilakukan agar kedepannya nanti semakin banyak manufaktur kendaraan listrik di Indonesia, sehingga cita-cita dari Net Zero Emission di Indonesia dapat terwujud.

Menurut pernyataan dari Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, setelah acara MoU tersebut telah selesai, melalui penandatanganan nota kesepahaman, maka PLN UID Jakarta Raya siap menyuplai daya listrik. Data tersebut untuk charging station KLBBB yang dibangun KKBrothers Baterai Inovasi.

Hal tersebut merupakan kabar gembira bagi pengguna kendaraan listrik roda dua. Adanya 1.500 charging station tentu akan bermanfaat bagi pengguna motor listrik. Mereka akan sangat terbantu tanpa harus pulang dan melakukan aktivitas charger di rumah.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x