Bikin Kepo, Berapa Sih Biaya Perawatan Motor Listrik?

- 10 Maret 2023, 14:06 WIB
 Pembelian kendaraan listrik mendapat bantuan dan subsidi dari pemerintah
Pembelian kendaraan listrik mendapat bantuan dan subsidi dari pemerintah /

EDITORNEWS.ID - Industri otomatif Indonesia semakin beragam dengan hadirnya kendaraan bertenaga listrik, utamanya motor listrik yang dianggap murah dengan pergerakan yang lebih fleksibel jika dibandingkan dengan mobil listrik.

Pilihannya pun sangat beragam karena produsen terus berlomba-lomba menarik minat konsumen dengan penawaran harga terbaik.

Tahukah Anda? Berbeda dengan biaya perawatan motor konvensional (BBM), ternyata untuk biaya perawatan rutin motor listrik jauh lebih hemat.

Jika motor konvensional membutuhkan bensin, maka motor listrik tidak membutuhkannya. Perlunya perawatan motor listrik sendiri untuk menjaga kendaraan agar tetap dalam performa yang maksimal.

Baca Juga: Dijamin Awet dan Performa Prima, Inilah 10 Tips Merawat Baterai Mobil Listrik

Apabila motor rutin dirawat, tentunya dapat meminimalisir terjadinya sebuah kerusakan. Hal tersebut dikarenakan, pada saat motor BBM atau motor listrik diservis, maka akan terlihat bagian mana saja yang diperbaiki tanpa harus menunggu motor tersebut rusak dahulu. Untuk perawatan rutin pada motor listrik, dapat Anda lakukan di bengkel-bengkel yang sudah melayani perawatan motor listrik.

Secara umum, baterai pada motor listrik sendiri biasanya dapat bertahan, selama 2 sampai 3 tahun sebelum mengalami penurunan kinerja atau discharge. Pada saat Anda melakukan servis motor listrik, maka baterai tersebut akan diperiksa untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau tidak.

Selain pemeriksaan pada baterai, ternyata dinamo pada motor listrik juga perlu diperiksa saat melakukan servis berkala. Apabila motor listrik jarang digunakan tentu bisa mengalami sebuah karatan. Akan tetapi hal ini dapat dibersihkan pada saat servis berkala untuk memastikan kinerja motor listrik tetap prima.

Untuk biaya servis berkala motor listrik sendiri tidak terlalu mahal, yaitu hanya sekitar 100 ribu saja. Biaya servis motor listrik di setiap bengkel pasti berbeda-beda tergantung dari kerusakan yang terjadi pada motor listrik tersendiri. Oleh karena itu, melakukan perawatan berkala pada motor listrik, sangatlah penting untuk menjaga performanya agar tetap optimal.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x