Dijamin Awet dan Performa Prima, Inilah 10 Tips Merawat Baterai Mobil Listrik

- 9 Maret 2023, 21:26 WIB
10 Tips Merawat Baterai Mobil Listrik
10 Tips Merawat Baterai Mobil Listrik /

EDITORNEWS.ID - Peralihan dari kendaraan konvensional menuju kendaraan listrik dengan sumber energi terbarukan semakin tampak nyata. Gelontoran dana untuk subsidi kendaraan listrik pun makin dekat hari dan tanggalnya. Calon pembeli rupanya siap berebut merek kendaraan listrik yang menjadi incarannya.

Tak mengherankan bila pamor kendaraan listrik semakin meningkat. Pertimbangan harga BBM yang fluktuatif dan cenderung akan terus naik di masa mendatang, menjadi sebuah pertanda bahwa membeli dan mengendarai kendaraan listrik adalah alternatif yang tepat. Di lain sisi, kendaraan listrik digadang-gadang lebih ramah lingkungan.

Nah, beralih menggunakan kendaraan listrik tentu menimbulkan pertanyaan baru. Salah satunya adalah pemakaian baterai yang merupakan sumber tenaga utama agar kendaraan bisa digunakan berkendara sebagaimana mestinya. Apabila komponen ini rusak, akan sulit diperbaiki dan sangat mahal bila memilih mengganti dengan baterai baru.

Mayoritas kendaraan listrik menggunakan baterai jenis lithium-ion. Usia baterai mobil listrik rata-rata berkisar 10 -15 tahun. Sedangkan, motor listrik memiliki usia baterai yang lebih pendek, yaitu sekitar 3 - 5 tahun. Dengan demikian, perawatan baterai mobil dan motor listrik menjadi sangat krusial. Inilah 10 tips merawat baterai mobil listrik agar awet dan performa mobil tetap prima.

Baca Juga: Menjamu Real Betis, MU Berusaha Lupakan Kekalahan Menyakitkan dari Liverpool

 1.Parkir di tempat yang teduh

Memilih tempat parkir mobil menjadi poin utama. Yup, mencegah mobil dari incaran maling sampai kapanpun adalah upaya kebenaran. Namun, poin ini lebih ditekankan agar baterai mobil listrik tidak terekspos suhu tinggi secara langsung.

Saat terpapar panas atau sinar matahari langsung, sistem termal pada unit baterai akan bekerja lebih keras dari biasanya demi menjaga kestabilan suhu. Jika hal ini terus berulang dan mobil terparkir dalam jangka waktu lama, maka daya dan kapasitas baterai akan terganggu dan jadi lebih pendek.

Pastikan memarkir mobil listrik di gedung parkir (basement), lokasi yang teduh tanpa paparan sinar matahari langsung, atau bila terpaksa di tempat yang tak kondusif, gunakan cover mobil yang mampu meredam panas.

2.Hindari fast charging

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x