Erling Haaland Samai Rekor Lionel Messi di Liga Champions setelah Mengalahkan RB Leipzig

- 15 Maret 2023, 16:23 WIB
Erling Haaland berselebrasi setelah mencetak hatrcik. /JASON CAIRNDUFF/Action Images via Reuters
Erling Haaland berselebrasi setelah mencetak hatrcik. /JASON CAIRNDUFF/Action Images via Reuters /

EDITORNEWS.ID – Erling Haaland menjadi sorotan setelah menyamai rekor sang mega bintang Lionel Messi dengan mencetak lima gol dalam satu laga di Liga Champions Eropa. Hal tersebut menjadikan Man City melaju ke babak perempat final Liga Champions 2022/2023.

Rekor tersebut tercapai ketika Manchester City bertanding melawan klub asal Jerman yakni RB Leipzig dengan kemenangan telak 7-0. Kala itu Haaland bermain sebagai starter dan gol pertamanya dibuka di titik putih pada menit ke-22, setelah tangan Benjamin Henrich menyentuh bola dalam duel udara.

Kemudian dua gol lainnya diciptakan oleh pemain berkebangsaan Norwegia tersebut pada menit ke-24 dan 45, sehingga pada babak pertama ia menciptakan hatrick. Sedangkan dua gol tercita pada babak kedua, sebenarnya ia bisa mencetak lebih 5 gol dalam laga tersebut, namun ia ditarik keluar pada menit ke-63.

Dengan koleksi lima gol tersebut  membuat tabungan gol Haaland di Man City mencapai 39 gol dalam 36 laga. Sebuah statistik yang menakjubkan dalam perjalanan karirnya sebagai pemain Man City setelah dibeli dari Dortmund pada musim panas 2022.

Baca Juga: Hasil Liga 1: Persib Hanya Bisa Imbang Lawan Persebaya

Sementara itu, Lionel Messi adalah pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu laga Liga Champions. Rekor tersebut didapat Messi ketika mengalahkan wakil asal Liga Jerman Bayern Leverkusen di leg kedua babak 16 besar musim 2011/2012.

Jika kedua pemain tersebut disandingkan, mereka memiliki kemiripan yakni sama-sama pemain kidal (kiri dari lahir) yang membawa timnya lolos babak 16 besar Liga Champions dengan mencetak lima gol dalam satu laga.

Namun, apakah Haaland bernasib lebih baik dari Lionel Messi yang mana pada musim 2011/2012 Messi gugur di semifinal ketika melawan Chelsea. Hal tersebut menarik dinantikan pasalnya untuk menjadi juara Liga Champions bukanlah hal yang mudah dan Man City sendiri juga belum pernah menjuarai kompetisi tersebut.  

Selain Lionel Messi dan Erling Haaland juga ada pemain lain yang mencetak lima gol dalam satu laga Liga Champions. Pemain tersebut yakni Luiz Adriano yang membawa Shaktar Donetsk menang 7-0 melawan BATE Borisov di fase grup Liga Champions musim 2014/2015.***

 

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x