Mengandung Bawang! FIFA Resmi Mencopot Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

- 31 Maret 2023, 08:15 WIB
Federasi memutuskan untuk mencabut izin Indonesia menjadi tuan rumah turnamen usia muda
Federasi memutuskan untuk mencabut izin Indonesia menjadi tuan rumah turnamen usia muda /

EDITORNEWS.ID - Menyusul gelombang perlawanan terhadap partisipasi timnas Israel, meskipun ada upaya terakhir untuk melobi FIFA oleh Erick Thohir, ketua PSSI.

Setelah pertemuan antara Erick dan presiden FIFA Gianni Infantino di Doha pada hari Rabu, 29 Maret 2023, federasi memutuskan untuk mencabut izin Indonesia menjadi tuan rumah turnamen usia muda.

"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah," katanya dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di situs webnya.

"Potensi sanksi terhadap PSSI" juga ada di kartu dan dapat diputuskan pada tahap selanjutnya.

Keputusan tersebut menandai berakhirnya ambisi Indonesia untuk menjadi tuan rumah kompetisi olahraga kelas dunia lainnya, yang oleh pemerintahan Presiden Jokowi telah diidentifikasi sebagai peluang untuk memperluas daya tarik global Indonesia.

Baca Juga: Menumbalkan Masa Depan Bangsa: Pro-Kontra Piala Dunia U-20 Adalah Pemanasan Menuju 2024

Seruan untuk melarang Israel berkompetisi di tanah Indonesia menjadi viral setelah politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang berkuasa melemparkan gagasan, yang sebelumnya dipromosikan oleh kelompok-kelompok muslim sayap kanan.

Keputusan FIFA berikutnya telah mengecewakan penggemar sepak bola di seluruh negeri, banyak di antaranya dengan gugup menunggu berita tentang dorongan jam kesebelas Erick di Qatar.

Analis sepak bola Akmal Marhali, yang mengoordinasikan gerakan akar rumput #SAVEOURSOCCER, memperingatkan bahwa "orang-orang yang telah menendang barisan" tidak boleh dibiarkan lepas dari tanggung jawab atas tindakan mereka.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x