Memanas! China Siap Tingkatkan Kerja Sama Militer dengan Rusia

- 31 Maret 2023, 08:07 WIB
Kementerian Pertahanan di Beijing telah mengatakan bersedia bekerja dengan Moskow dalam memperkuat koordinasi strategis
Kementerian Pertahanan di Beijing telah mengatakan bersedia bekerja dengan Moskow dalam memperkuat koordinasi strategis /

EDITORNEWS.ID - Kementerian Pertahanan di Beijing telah mengatakan bersedia bekerja dengan Moskow dalam memperkuat koordinasi strategis.

China siap memperkuat kerja sama dengan militer Rusia untuk bersama-sama menegakkan keadilan, perdamaian, dan keamanan internasional, kata juru bicara Kementerian Pertahanan China Tan Kefei pada Kamis, 30 Maret 2023.

Pengumuman itu muncul setelah pertemuan puncak antara Presiden Xi Jinping dan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, di Moskow awal bulan ini.

Kedua pemimpin menegaskan kembali prinsip-prinsip kemitraan antara negara-negara mereka, dan sepakat untuk meningkatkan bilateral hubungan dan koordinasi militer.

Menurut Tan, China "bersedia bekerja sama dengan militer Rusia untuk sepenuhnya mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai oleh kedua kepala negara." Termasuk lebih memperkuat komunikasi strategis dan koordinasi, tambahnya.

Baca Juga: Erdogan Menuduh Barat Mencoba Menyeret Turki ke dalam Konflik dengan Rusia

Diplomat itu menyatakan bahwa kedua negara berencana untuk secara teratur mengatur patroli maritim dan udara bersama, serta mengadakan latihan dan memperkuat berbagai bidang kerja sama lainnya.

Menurut Tan, tujuannya adalah untuk "memperdalam rasa saling percaya militer" dengan Rusia untuk membantu memastikan keadilan internasional dan memberikan kontribusi baru bagi internasional dan regional keamanan. Ini akan "melayani pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia," tegasnya.

Tan mencatat hubungan yang semakin kuat antara Moskow dan Beijing, tetapi bersikeras bahwa mereka tidak berarti aliansi militer-politik gaya Perang Dingin.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x