Sangat Gelap! Batalnya Piala Dunia U-20 FIFA 2023: Adalah Buta Politik Global

- 31 Maret 2023, 08:09 WIB
Tampaknya Jokowi ingin pertunjukan itu terus berlanjut meskipun faktanya telah memecah belah bangsa
Tampaknya Jokowi ingin pertunjukan itu terus berlanjut meskipun faktanya telah memecah belah bangsa /

EDITORNEWS.ID - Tampaknya Jokowi ingin pertunjukan itu terus berlanjut meskipun faktanya telah memecah belah bangsa dan menempatkannya di jalur tabrakan, sekali lagi, dengan partainya sendiri, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

"Jangan mencampuradukkan olahraga dengan politik." Pernyataan Presiden Jokowi pada Selasa, 28 Maret 2023, lalu terdengar lantang dan jelas, menanggapi kontroversi keikutsertaan tim Israel dalam Piala Dunia U-20 FIFA 2023 mendatang yang akan digelar di enam kota di Indonesia.

Pembelaannya bahwa nilai-nilai inti olahraga tidak memberikan ruang untuk politik, sayangnya telah disambut dengan karakteristik realpolitik Indonesia, yang bukan pertanda baik bagi mimpinya untuk mempromosikan Indonesia ke panggung sepak bola dunia.

Jaminan Presiden bahwa turnamen itu tidak akan mempengaruhi kebijakan luar negeri Indonesia yang anti-Israel dan pro-Palestina.

Jokowi telah mengirim ketua Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI), Erick Thohir, yang juga ketua panitia penyelenggara turnamen pemuda, untuk bertemu dengan bos FIFA Gianni Infantino di Doha, dalam upaya terakhir untuk menyelamatkan acara tersebut.

Baca Juga: Memanas! China Siap Tingkatkan Kerja Sama Militer dengan Rusia

Erick tidak asing dengan diplomasi sepak bola tingkat tinggi karena sebelumnya ia membantu Indonesia menghindari sanksi FIFA menyusul runtuhnya stadion di Malang, Jawa Timur, yang merenggut 135 nyawa, terburuk kedua dalam sejarah sepak bola.

Sekarang FIFA telah mencabut hak Indonesia untuk menjadi tuan rumah acara tersebut, kredibilitas internasional negara telah dipertaruhkan.

Kami telah kehilangan kesempatan emas untuk memajukan olahraga ini untuk tim pemuda nasional kami, yang telah dipersiapkan untuk turnamen, dan PSSI untuk belajar dari talenta terbaik dunia.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x