Sidang Putri Chandrawati Di Vonis Lebih Lama dari Putusan Sebelumnya: Vonis 20th

- 14 Februari 2023, 07:52 WIB
Putri Candrawathi dijatuhi vonis 20 tahun penjara.
Putri Candrawathi dijatuhi vonis 20 tahun penjara. /Antara/Akbar Nugroho Gumay/

EDITORNEWS.ID - Kita telah ketahui bersama bahwa Putri Chandrawati adalah satu dari lima terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J, dan hari Senin (13/2) kemarin telah menjalani sidang dengan agenda pembacaan vonis hakim.

Putri Candrawati datang ke Pengadilan Jakarta Selatan dengan dikawal oleh pasukan bersenjata. Setelah melepas rompi tahanan, wanita itu langsung masuk ke ruang sidang tanpa memedulikan wartawan yang banyak berjejalan di sana. Putri tampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam serta memakai sepatu selop. Wajahnya yang muram pun ditutupi dengan masker sepanjang persidangan berlangsung.

Majelis hakim menyatakan bahwa Putri mendapatkan vonis penjara selama 20 tahun. Putusan ini jauh lebih lama dari tuntutan jaksa yang hanya menuntut Putri Candrawati dengan penjara selama delapan tahun. Jaksa memberikan pertimbangan bahwa Putri belum pernah melakukan kesalahan yang membuat wanita itu berurusan dengan pihak hukum.

Alasan keringanan hukuman yang didapatkan oleh Putri sebelumnya, juga dikarenakan sikap sopan yang ditujukan Putri saat proses pengadilan berlangsung.

Baca Juga: Vonis Hukuman Mati Ferdy Sambo dan Hukuman 20 Tahun Penjara Putri Candrawathi

Sungguh mengejutkan saat putusan final yang diambil majelis hakim pada sidang Putri Candrawathi. Namun tentu vonis masa tahanan selama 20 tahun ini bukan tanpa alasan.

Putusan yang diambil oleh majelis hakim bukan hanya mempertimbangkan perilaku Putri selama berlangsungnya pengadilan, apalagi kesalahan yang diperbuat oleh Putri termasuk sangat berat dan dia tidak tampak menyesalinya. Hakim meyakini peran Putri sangat besar sehingga membuat nyawa Brigadi J melayang dan menciptakan kesedihan mendalam bagi keluarga korban.

Meski begitu, sejak awal hingga akhir pengadilan Putri tetap mengaku bahwa dirinya tidak bersalah dan memberikan statement bahwa dirinya diperkosa oleh Brigadir J serta mendapat ancaman bahwa orang terdekatnya akan dibunuh.

Mendengar pernyataan Putri, pihak keluarga Brigadir J lantas membawa foto Brigadir J seolah-olah mengingatkan bahwa Brigadir J korban yang sebenarnya. Inilah yang jadi sorotan dan perbincangan hangat oleh netizen. “Jika Putri merasa ketakutan, kenapa dia membiarkan Brigadir J terbunuh? Komentar seorang netizen. “Benarkah Putri Chandrawathi diperkosa atau sebenarnya hanya alasan saja?”

Baca Juga: END GAME ! Ferdy Sambo Divonis Hukuman Pidana Mati, Ibu Brigadir Yosua: Terima Kasih, Tuhan

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x