Ramadhan Sudah di Depan Mata, Berikut Tips Agar Tubuh Siap Menjalankan Puasa

- 30 Maret 2022, 08:02 WIB
Ilustrasi situasi di Masjid
Ilustrasi situasi di Masjid /

EDITORNEWS.ID - Menjalankan puasa, selain untuk kewajiban ibadah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Selain itu, puasa merupakan satu hal yang ditunggu oleh masyarakat disaat bulan ramadhan, dan beberapa orang biasanya sangat antusias menunggu dan menyambut bulan suci ramadhan.

Namun bagi beberapa orang, khususnya yang memiliki masalah kesehatan seperti asam lambung, puasa dapat menjadi hal yang sulit dilakukan, dan jika puasa tidak dilakukan dengan baik justru akan menyebabkan sakit.

Melansir dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan tubuh agar lebih siap berpuasa :

Baca Juga: Atur Keuangan dengan Cara Ini Ketika Bulan Ramadhan, Dijamin Pengeluaran Tidak Bocor

1. Mengutip dari laman Cleveland Clinic Abu Dhabi, sebelum berpuasa sebaiknya berkonsultasi dengan dokter yang biasa merawat.

Hal ini dilakukan untuk mendiagnosis apakah ada dampak buruk jika berpuasa dan memungkinkan juga mendapat perawatan medis baru, seperti pemberian injeksi atau obat yang dikonsumsi secara oral sebelum memulai puasa di bulan ramadhan.

2. Menjaga pola makan dan asupan kalori dengan makan pada jam yang teratur, tidak mengkonsumsi makanan secara berlebih, dan mengurangi konsumsi makanan yang digoreng.

3. Menjelang bulan puasa sebaiknya mencoba untuk mengurangi atau tidak memakan camilan agar tubuh dapat lebih mudah beradaptasi saat puasa.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x