Mengenal Sosok Bachtiar Karim, Orang Terkaya di Indonesia ke 10 Pada Majalah Forbes 2021

- 14 Januari 2022, 11:16 WIB
Bachtiar Karim seorang pengusaha sawit terkaya di Indonesia
Bachtiar Karim seorang pengusaha sawit terkaya di Indonesia /

EDITORNEWS.ID – Bachtiar Karim merupakan salah satu orang terkaya Indonesia. Pada 2021 majalah Forbes memasukkan nama Bachtiar ke dalam 10 besar orang terkaya Indonesia.

Bachtiar Karim adalah seorang pengusaha asal Indonesia. Dikenal memiliki perusahaan beserta saudaranya dan sebagai pimpinan Musim Mas Group, yang bergerak di lini bisnis utama minyak sawit atau CPO.

Karim merupakan seorang pemilik Musim Mas Group yang membawahi berbagai jenis perusahaan. Salah satu yang paling mencuat ialah perusahaan kelapa sawit milik Karim yang juga jadi penyumbang terbesar kekayaan pribadinya.

Bachtiar Karim adalah anak sulung dari Anwar Karim yang memiliki empat saudara.

 Baca Juga: Komnas Ham Harap Jaksa Jawa Barat Ringankan Hukuman Mati dan Kebiri untuk Herry Wirawan

Bachtiar Karim memiliki kedudukan sebagai pemimpin Musim Mas Group, bersama dengansaudaranya Burhan dan Bahari.

Keluarga Karim ini benar-benar serius dalam menggarap bisnis sawitnya. Karim membangun kilang minyak sawit untuk hasil panennya sendiri. Dengan cara begitu, harga sawit produksi PT Musim Mas tak akan banyak dipengaruhi pasar.

Karena kehebatannya itu, Karim mampu menembus daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes dan berada di peringkat ke 10. Kekayaan Bachtiar ditaksir mencapai US$3,5 miliar atau senilai dengan Rp 50 triliun (kurs: Rp 14.528).

Pria 64 tahun ini sebelumnya juga pernah berkecimpung untuk kegiatan sosial dan pendidikan, seperti untuk Universitas Nasional Singapura, Rumah Sakit Umum Singapura, hingga Asosiasi Penyakit Alzheimer.

Baca Juga: Soal Laporan Ojol yang Tak Dilayani Oknum Polisi di Cileungsi Kapolres Bogor Sampaikan Permintaan Maaf

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x