Mudik Dilarang Rombongan WNA China Berdatangan Masuk Indonesia, 2 Positif Covid-19

- 8 Mei 2021, 12:52 WIB
Direktorat Jenderal Imigrasi akui 85 warga negara Tiongkok masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.
Direktorat Jenderal Imigrasi akui 85 warga negara Tiongkok masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. /Reuters/Ajeng Dinar Ulfiana/

EDITORNEWS - Pemerintah baru saja menetapkan aturan larangan mudik hari raya Idul Fitri 2021 sejak 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.

Aturan ini diberlakukan untuk mencegah persebaran penularan Virus Covid-19 di tanah air masyarakat dilarang mudik menjelang hari raya kecuali mereka yang masuk kedalam poin pengecualian, misalnya terdapat keluarga yang meninggal dunia.

Para pemudik yang masih nekat akan diberhentikan dan diminta putar balik oleh para petugas ditengah larangan yang terjadi, puluhan WNA China justru masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta.

Tak hanya sekali, kejadian ini terjadi berturut turut sejak 4 Mei 2021 sebanyak 85 WNA China dilaporkan tiba di Bandara Soekarno Hatta menggunakan pesawat charter.

Baca Juga: BPOM RI Temukan Parcel Makanan Kadaluarsa Jelang Idul Fitri di Beberapa Wilayah Indonesia

Dilansir dari Galamedia.pikiran-rakyat com, Ditjen Imigrasi telah membenarkan kabar tersebut, 85 WNA China tersebut tiba dengan menggunakan pesawat Charter 'China Southern Airlines' pada 4 Mei 2021.

Tak berselang lama, 46 WNA China kembali tiba di bandara Soekarno Hatta pada 6 Mei 2021 dengan menumpang pesawat Xiamen Air 855.

Dilansir dari Pikiran-rakyat, pihak Ditjen Imigrasi mengatakan bahwa kedatangan WNA China tersebut telah sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku saat ini.

Dari 131 WNA yang masuk ke indonesia sejak 4 hingga 6 Mei 2021, didapati bahwa 2 diantaranya ternyata terdeteksi positif Covid-19.

Baca Juga: Update Angka Pertumbuhan Covid-19 8 Mei 2021

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x