Menkes Budi Gunadi: Pastikan Stok Vaksin Jelang Pelaksanaan PON di Papua

- 17 April 2021, 09:54 WIB
Vaksin Sinovac.
Vaksin Sinovac. /REUTERS/Florion Goga

EDITORNEWS - Jelang Penyelenggaraan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua direncanakan akan digelar pada tanggal 2 sampai 15 Oktober 2021 mendatang.

Untuk menyambut sebelum jelang PON, teruntuk para atlet olahraga harus mendapatkan vaksin sesuai arahan Jokowi para tenaga garda depan harus diutamakan.

''Saya juga udah dilaporkan butuhnya sekitar 200 ribu untuk bulan Oktober, itu sih pasti bisa dipenuhi harusnya sejak bulan Juni jumlah vaksinnya kita insya Allah akan cukup” ujar Menkes.

Baca Juga: Kemenkes dan Bapeten Sepakat Jalin Kerja Sama Penggunaan Nuklir di Lingkup Kesehatan

Baca Juga: Update Angka Pertumbuhan Covid-19 Per 16 April 2021

Baca Juga: Kemenag dan UI Sinergi Program Penguatan Moderasi

Menkes melakukan pemeriksaan vaksin tersebut dikarenakan bulan ini (April) keterbatasan supply vaksin, dikarenakan terjadinya embargo vaksin di negara India sebagai produsen Vaksin Astrazeneca.

Karena ketersedian vaksin sehingga pemerintah mendorong untuk melakukan suntik vaksin kepada Lansia sebagai kelompok yang berisiko tinggi terpapar Covid-19.

Sementara itu Menkes Budi Gunadi juga menyatakan akan ada vaksin merah putih untuk dapat diproduksi pada tahun 2022.

Kami sudah dapat alokasi anggarannya tahun ini rencananya kami akan dorong supaya penelitian dan uji klinisnya lebih cepat, sehingga di 2022 salah satu dari mereka sudah terlaksana, tutup Menkes.***

Editor: Sylvia Hendrayanti

Sumber: @KemenkesRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x