Usulan Gelar Pahlawan Nasional untuk Sang Usmar Ismail Bapak Perfilman Indonesia

- 18 Maret 2021, 06:38 WIB
Umar Ismail
Umar Ismail /

 

EDITORNEWS - Seperti yang kita tahu Usmar Ismail adalah seorang sastrawan dan sutradara film Indonesia yang berdarah Minangkabau. Ia dianggap sebagai warga Indonesia pelopor perfilman di Indonesia. Usmar meninggal dunia karena stroke dalam usia 49 tahun.

Tahun ini bertepatan dengan Hari Film Nasional yang jatuh pada 30 Maret 2021, para insan film menyerukan dan meminta agar Bapak Perfilman Indonesia, Usmar Ismail agar mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Beberapa penghargaan diterima oleh Usmar Ismail di tahun 1962 ia mendapatkan Piagam Wijayakusuma dari Presiden Soekarno. Pada tahun 1969 ia menerima Anugerah Seni dari Pemerintah RI. Setelah meninggal dia diangkat menjadi Warga Teladan DKI.

Baca Juga: Selisih 11 Tahun? Song Hye Kyo dan Jang Ki Yong Bak Romeo dan Juliet Dalam Drama Now We Are Breaking Up 

Baca Juga: Bikin Lee Min Ho Terpesona, Kini Kim Go Eun Menghipnotis Shin Ha Kyun Susah Move On Darinya

Namanya diabadikan sebagai pusat perfilman Jakarta, yakni Pusat Perfilman H. Usmar Ismail. Selain itu, sebuah ruang konser di Jakarta, yakni Usmar Ismail Hall, merupakan tempat pertunjukan opera, musik, dan teater, yang dinamai sesuai namanya.

Salah satu dasar itulah Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat, Wina Armada mengemukakan beberapa alasan yang membuat Usmar Ismail pantas untuk menjadi Pahlawan Nasional.

"Dia adalah perintis untuk semua hal di perfilman Indonesia, pertama dia lah yang meletakkan sinema Indonesia pertama, dibuat oleh orang Indonesia, kru orang Indonesia, semuanya lah, itulah film Indonesia pertama ("Darah dan Doa") dan ceritanya menarik," ujar Wina dalam forum "Sinergi Hari Film Nasional". Seperti yang dilansir oleh Antara, Rabu, 17 Maret 2021.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x