7 Kuliner Khas Bali yang Selalu Hadir saat Hari Raya Nyepi

- 3 Maret 2021, 10:07 WIB
Tata cara pelaksanaan upacara menjelang Hari Raya Nyepi.*
Tata cara pelaksanaan upacara menjelang Hari Raya Nyepi.* /BASRI MARZUKI/ANTARAFOTO

EDITORNEWS - Sebentar lagi akan memasuki perayaan Hari Raya Nyepi atau Tahun Baru Saka 1943 untuk umat beragama Hindu, yang jatuh pada tanggal 14 Maret 2021 tentunya para pemeluk agama tersebut telah mempersiapkan semua perlengkapan untuk menyambut hari raya mereka.

Dalam kepercayaannya, umat Hindu di Bali percaya jika hari tersebut merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup, yaitu Bhuana Alit (alam manusia) dan Bhuana Agung (alam semesta). 

Hampir semua umat beragama merayakan hari raya mereka baik dari menyiapkan wisata kuliner khas daerah masing-masing untuk bisa berkumpul bersama keluarga dan orang terkasih.

Baca Juga: 3 Tips Diet Mudah yang Wajib Kamu Tahu

Baca Juga: 5 Rekomendasi Perawatan Alami untuk Mencegah Datang Jerawat

Berikut kami rekomendasikan beberapa masakan kuliner umat Hindu yang wajib ada saat hari perayaan mereka diantaranya:

1. Lawar, kuliner khas Bali ini dibuat dari campuran potongan daging atau jeroan babi, nangka muda, kelapa parut, bumbu base genep khas Bali, dan bahan-bahan lainnya sebagai simbol dan maknanya tertentu.

2. Nasi tepeng, makanan ini identik dengan rasa pedas dengan bumbu rempah-rempah yang kuat ini sudah tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya.

3. Entil, kuliner ini mirip seperti ketupat yang terbuat dari beras dan dibungkus daun, kemudian diikat dengan bambu.

4. Pulung nyepi, hidangan yang terbuat dari bahan utama tepung beras yang dicampur dengan tepung kanji ini memiliki proses pembuatan yang sederhana.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah