Ekstrak Kakao Memiliki Manfaat Kognitif, Inilah Jumlah Konsumsi yang Tepat menurut Studi

- 8 Desember 2023, 14:16 WIB
Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendata, harga referensi biji kakao periode Desember 2023 ditetapkan sebesar 3.950,62 dolar per metrik ton (MT), meningkat sebesar 426,06 dolar atau 12,09 persen dari bulan sebelumnya.
Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendata, harga referensi biji kakao periode Desember 2023 ditetapkan sebesar 3.950,62 dolar per metrik ton (MT), meningkat sebesar 426,06 dolar atau 12,09 persen dari bulan sebelumnya. /Universitas Gadjah Mada/

EDITORNEWS.ID - Menurut studi baru, ekstrak kakao memiliki manfaat kognitif bagi orang dewasa.

Pada penelitian yang dilakukan sebelumnya menemukan bahwa, ekstrak kakao memiliki efek perlindungan pada otak, tetapi hasil penelitian ini masih belum konsisten dan terlalu lemah.

Studi baru menunjukan bahwa, suplemen ekstrak kakao yang memiliki kandungan 500 mg flavanol per harinya memiliki manfaat kognitif untuk orang dewasa dan paruh baya.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Mass General Brigham dan dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition pada hari Kamis, 7 Desember 2023, mengikutsertakan 573 orang paruh baya yang menjalani tes kognitif secara terperinci.

Baca Juga: Menahan Bersin dapat Mengakibatkan Cedera pada Organ Pernapasan

Manfaatnya terlihat cukup besar di kalangan manula yang menjalani diet berkualitas rendah pada saat pendaftaran dalam penelitian ini. Namun, manfaat kognitif tidak terlihat signifikan di antara peserta yang sudah menjalani diet sehat.

Peneliti memperingati untuk jangan mencoba untuk mendapatkan kandungan 500 mg flavanol dari mengkonsumsi cokelat. Untuk mendapat kandungan sebanyak itu, anda perlu memakan cokelat hitam sebanyak 600 kalori.

Kandungan itu hampir sepertiga dari 2.000 kalori harian yang direkomendasikan untuk wanita dewasa, dan cokelat hitam tersebut dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan kekurangan nutrisi.

Sebaiknya, dapatkan kandungan flavanol dari sumber makanan lainnya, seperti teh, jeruk, berry, anggur merah, apel, dan jenis kacang-kacangan.

Baca Juga: Mengapa Sabun Anti Bakteri Menjadi Pilihan Utama untuk Kebersihan? Berikut Penjelasannya

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x