PKBI Jambi Lakukan Pertemuan Forum Kemitraan Lintas Stakeholder Pada Program Inklusi

- 3 Juli 2022, 15:16 WIB
PKBI Bekerja sama dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II B Muara Bulian
PKBI Bekerja sama dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II B Muara Bulian /

EDITORNEWS.ID - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Jambi melaksanakan pertemuan forum kemitraan lintas stakeholder dengan pemerintah Provinsi Jambi dan NGO dengan focus isu yang serupa dalam program inklusi pada hari Kamis, Jambi 30 Juni 2022.

PKBI Bekerja sama dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II B Muara Bulian untuk melaksanakan program inklusi yang mana target sasarannya adalah Anak yang Berhadapan Dengan Hukum (ABH) yang berada di LPKA Kelas II B Muara Bulian.

Program inklusi merupakan program yang di donori oleh pemerintahan Australia bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat marjinal agar bisa menerima manfaat yang sama dalam berbagai sector seperti ekonomi, sosial budaya dan politik.

Project Officer Program Inklusi, Neno Dwi Ramadani Pangestika mengatakan “program ini diharapkan mampu membuka ruang seluas-luasnya bagi ABH agar dapat mendapatkan akses Pendidikan, pelayanan Kesehatan dan sosial yang sama dengan masyarakat lainnya”.

Baca Juga: Terkuak Alasan Pelaku Tega Membunuh Siswi SMP Setelah Memperkosanya

Adapun kegiatan pada program inklusi berupa edukasi Kesehatan seksual reproduksi yang komprehensif, edukasi psikososial dan peningkatan keterampilan yang dibutuhkan oleh ABH. Salah satu output utama dalam program ini adalah membentuk forum keluarga yang merupakan orang tua dari ABH.

Forum keluarga bertujuan untuk membentuk dukungan yang kuat dari keluarga agar anak dapat diterima Kembali dengan tangan terbuka saat masa binaan di LPKA telah selesai.

LPKA Kelas II B Muara Bulian.
LPKA Kelas II B Muara Bulian.
“Selama ini yang terjadi di masyarakat kita adalah ABH seringkali mendapatkan stigma negatif sehingga ABH sulit untuk diterima kembali dalam tatanan kehidupan masyarakat”. Ujan PO Program Inklusi.

Pertemuan forum kemitraan lintas stakeholder ini diawali dengan penjelasan profil LPKA Kelas II B Muara Bulian oleh Bapak Kepala LPKA Kelas II B Muara Bulian yaitu Bapak Marojahan Doloksaribu dan dilanjutkan oleh Kepala UPTD PPA Provinsi Jambi Ibu Asi Noprini yang menjelaskan tentang Hak-hak dan perlindungan terhadap kekerasan pada anak.

Baca Juga: Penemuan Siswi SMP Membusuk di Langkat Terungkap, Korban Dua Kali Diperkosa Sebelum Dibunuh

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x