Sudah Banyak Memakan Korban, Waspadai Bahaya Water Heater Listrik yang Mematikan!

- 23 Maret 2022, 12:25 WIB
Ilustrasi water heater listrik
Ilustrasi water heater listrik /Lamtiur Indah Sari/

EDITORNEWS.ID - Dewasa ini, hampir beberapa masyarakat memiliki water heater listrik atau mesin pemanas air di rumah.

Walaupun harga nya mahal, namun selain penggunaan nya yang simpel dengan hanya mencolokkan listrik saja, juga dapat menghemat waktu dan tidak perlu lagi memasak air panas menggunakan kompor.

Namun, mesin pemanas air dapat menyebabkan maut hingga mengancam keselamatan pengguna nya. Sehingga harus selalu waspada dan hati - hati dalam menggunakan nya.

Sebelum menggunakan water heater listrik, terutama jika baru terpasang, sebaiknya pastikan terlebih dahulu semua pipa-pipa dan kabel unit pemanas listriknya sudah tersambung dengan baik dan benar.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung

Terutama pada bagian heater dan pipanya, karena terbuat dari tembaga yang suatu saat dapat menyebabkan tersengat listrik ketika mesinnya bocor dan airnya mengalir ke selang shower atau keran.

Untuk menghindari ancaman ini, sebaiknya memasang anti kontak pada pemanas air yang digunakan, kemudian menyalakan mesinnya selama kurang lebih 15 menit sebelum di gunakan dan jangan lupa untuk selalu mematikan setelah selesai.

Resiko lain yang dapat ditimbulkan adalah tertimpa mesin.

Pada umumnya, water heater listrik tidak membutuhkan bor sebesar 6 mm untuk melubangi tembok dan memasang penyangga mesin.

Baca Juga: Jangan Abaikan Dampak Sinar Matahari Bagi Kesehatan Kulit

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x