Warga Antusias Simak Penjelasan Satgas Tentang Wawasan Kebangsaan

- 20 Juni 2021, 13:22 WIB
Pasiter Satgas Kapten Inf Suhadi
Pasiter Satgas Kapten Inf Suhadi /

EDITORNEWS - 'Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang.

Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara".

Itu salah satu penggalan dari uraian yang disampaikan Pasiter Satgas Kapten Inf Suhadi saat memberikan materi dalam penyuluhan wawasan kebangsaan.

Menanamkan wawasan kebangsaan merupakan salah satu sasaran non fisik yang menjadi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 111 Kodim Sarko di Desa Bukit Beringin Kecamatan Bangko Barat.

Baca Juga: Seperti Rumah Sendiri Satgas TMMD Bantu Orang Tua Asuh Bersihkan Pekarangan

Kenapa ini menjadi penting,?

Materi wawasan kebangsaan diberikan bertujuan untuk membina dan membentuk komponen masyarakat yang berkepribadian dan cinta tanah air sehingga terbentuk karakter yang memiliki sikap patriotisme dan bela negara, ini juga yang dijelaskan Suhadi.

Kegiatan non fisik juga menjadi bagian penting dari sasaran yang harus dicapai sebagai bagian tolak ukur keberhasilan atau suksesnya program TMMD Ke 111 Kodim 0420 Sarko.

Kegiatan TMMD ini, selain mengerjakan sasaran fisik berupa peningkatan jalan sepanjang 7.500 meter, pembuatan MCK serta Rehab RTLH, juga dilaksanakan sasaran non fisik berupa penyuluhan atau sosialisasi.

Di lapangan hal seperti ini diimplementasikan dengan memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada warga masyarakat Desa Bukit Beringin.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x