Apa Itu Anxiety dan Bagaimana Cara Mengendalikannya?

- 8 November 2023, 05:00 WIB
 Ilustrasi  Anxiety Disorder pada remaja
Ilustrasi  Anxiety Disorder pada remaja /Freepik/

EDITORNEWS.ID - Dewasa ini, masalah kesehatan mental menjadi topik yang sering disoroti oleh Gen-Z. Anxiety atau kecemasan merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang paling umum.

Gangguan kecemasan adalah salah satu masalah kesehatan mental, dimana penderitanya selalu merasa khawatir, cemas, dan takut, sehingga aktivitas sehari-hari akan terganggu. Kecemasan ini dapat menyebabkan stress, kosong, kurang fokus, emosi yang tak stabil, dan merasa putus asa. Anda mungkin dapat bernapas lega, karena penyakit ini juga diderita oleh kebanyakan orang.

Kecemasan bahkan melebihi depresi, sebagai penyakit mental yang paling umum diderita di Amerika. Penyakit ini tidak hanya diidap oleh orang dewasa tetapi juga anak-anak. Menurut National Alliance on Mental Illness (NAMI), satu dari lima orang menderita gangguan kecemasan.

"Ini adalah masalah besar karena kecemasan mempengaruhi setiap aspek kehidupan," kata Ken Yeager, PhD, seorang psikolog klinis yang memimpin program stres, trauma, dan ketahanan Ohio State University Wexner Medical Center dan merupakan profesor di College of Medicine.

Baca Juga: Pengajian LDII Ustadz M Jamil: Betapa Besarnya Dosa Orang Iman Bila Tak Mau Perjuangkan Agama Allah

"Kecemasan meningkatkan stres, yang kemudian membawa gejala fisik seperti sesak pada dada dan peningkatan gejala mental.”

Cara Mengendalikan Anxiety

  • Konsultasi dengan seorang profesional

Berbicara dengan seorang profesional terlatih tentu saja dapat membantu, mereka dapat membantu anda untuk menempatkan kecemasan dalam perspektif dan mereka juga memiliki sumber daya terhadap masalah yang anda derita. Kebanyakan orang menolak untuk berkonsultasi dengan profesional, karena terlalu menganggap remeh masalah mentalnya.

  • Cari solusi alami untuk mengelola kecemasan

Lakukan perawatan diri yang membantu anda menekan kekhawatiran terhadap sesuatu, seperti menggunakan teh herbal, suplemen, minyak esensial, mandi, dan solusi yang dapat menenangkan mental.

  • Menggunakan kata-kata yang menenangkan

Dr. Yeager memberikan sebuah trik yang dapat menenangkan mental anda, ia menjelaskan untuk membuat suatu frasa yang mirip dengan kata-kata ajaib yang tujuannya untuk diucapkan ketika anda merasa cemas. Dengan mengulang-ulang frasa unik dapat mengurangi kecemasan. 

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x