Pandangan Ilmiah Soal Seseorang Bisa Gugup Jika Berbicara di Depan Umum

- 26 November 2022, 17:24 WIB
Ilustrasi Glossophobia, ketakutan berbicara di depan penonton
Ilustrasi Glossophobia, ketakutan berbicara di depan penonton /Mohamed_hassan/Pixabay

EDITORNEWS.ID - Berbicara adalah hak bagi setiap orang. Namun tak semua orang mau menggunakan hak berbicaranya, terutama di muka umum.

Bahkan bagi sebagian orang, berbicara di depan umum selalu jadi hal yang sulit untuk dilakukan. Jantung berdegup kencang, keringat bercucuran, pandangan tiba-tiba menghilang adalah hal yang umum dirasakan.

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, survei menyatakan bahwa berbicara di depan umum itu adalah hal yang paling ditakuti manusia. Level takutnya melebihi takut ketinggian, binatang, tenggelam, darah, suntikan, ruangan sempit, dan lainnya.

Sebagai informasi, ketakutan berbicara di depan umum ternyata ada sebutannya, yaitu glossophobia. Orang yang mengalami glossophobia ini memiliki ketakutan yang kuat ketika berbicara di depan umum.

Baca Juga: Tampilan Abidzar Dapat Sorotan Saat Jalankan Umroh Bersama Umi Pipik dan Ketiga Adiknya

Biasanya mereka takut dihakimi, dipermalukan, atau ditolak oleh banyak orang. Rasa takut salah tersebut, mengaktifkan bagian di otak dan sistem saraf simpatik.

Tak ayal tekanan darah kita naik kemudian muncul keringat yang berlebih. Tidak hanya itu, otak kita bisa kehilangan oksigen yang membuat sistem pernapasan tidak beraturan.

Sangat wajar jika muncul rasa gugup atau grogi saat tampil di depan umum, dan tentu setiap orang pernah mengalami hal tersebut. Bahkan para ahli atau legenda, seperti Steve Jobs, pendiri Apple, selalu berlatih terus-menerus sebelum mulai berpidato.

Cara untuk menghilangkan rasa gugup tersebut adalah dengan belajar tidak lari dari ketakutan. Hal yang perlu diingat bahwa gugup itu perasaan alami dan tidak bisa kita kontrol sehingga kita harus fokus pada sesuatu agar tidak hilang arah.

Baca Juga: Menteri Agama Ajak Umat Sholat Ghaib untuk Doakan Korban Gempa Cianjur

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x