Mengulik Sejarah Hari Ayah Nasional 12 November

- 11 November 2022, 14:27 WIB
Ilustrasi. Berikut penjelasan seputar peringatan Hari Ayah Nasional 2022.
Ilustrasi. Berikut penjelasan seputar peringatan Hari Ayah Nasional 2022. /Freepik

EDITORNEWS.ID - Hari Ayah Nasional biasa kita peringati setiap 12 November. Perayaannya pun biasanya diadakan oleh sekolah-sekolah dasar dengan mengundang para ayah.

Lalu sejak kapan Hari Ayah Nasional jadi rutinitas setiap tahun. Apa latar belakang dari munculnya Hari Ayah.

Dikutip dari website Kemendikbud, pada tahun 2014, PPIP atau Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi mengadakan peringatan hari ibu di Solo. Kala itu diadakan sayembara menulis surat untuk ibu.

Sebanyak 70 surat terbaik lalu dibukukan dan dibacakan oleh peserta yang terdiri dari anak-anak SD, SMP, SMA, serta Mahasiswa. Setelah acara usai, para peserta lalu mengajukan sebuah pertanyaan yang tidak terduga.

Baca Juga: 3 Hari Tak Live di Instagram, Bunda Corla Bikin Netizen Galau Massal

Pertanyaan tersebut sebenarnya sederhana, namun cukup membuat para panitia terkejut. Para peserta itu menanyakan “Kapan diadakan sayembara menulis surat untuk ayah? Kapan peringatan Hari Ayah?”

Dari pertanyaan tersebut, akhirnya para panitia pun mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia. Apa yang mendorong Hari Ayah Nasional harus diperingati?

Posisi ayah dianggap sama dan sejajar dengan ibu. Ayah juga memiliki cara sendiri dalam menjalankan perannya sebagai kepala rumah tangga, pemberi nafkah, pelindung keluarga dan banyak peran penting lainnya yang dipegangnya.

PPIP lalu berusaha mencari informasi mengenai Hari Ayah. Mereka pun melakukan audiensi ke DPRD Kota Surakarta untuk menanyakan perihal kapan diperingatinya Hari Ayah di Indonesia.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x