Peringati Hari Pahlawan di Sumut, Aliansi Ormas Islam Gelar Dialog 'Pahlawan Islam untuk Indonesia'

- 13 November 2022, 19:22 WIB
Peringati hari pahlawan, Aliansi Ormas Islam di Sumut gelar Dialog kebangsaan bertajuk Pahlawan Islam untuk Indonesia.
Peringati hari pahlawan, Aliansi Ormas Islam di Sumut gelar Dialog kebangsaan bertajuk Pahlawan Islam untuk Indonesia. /Kesuma Ramadhan

EDITORNEWS.ID - Masih dalam momen memperingati hari pahlawan, aliansi Ormas Islam di Sumut menggelar Dialog Kebangsaan.

Dialog kebangsaan itu mengambil tema 'Pahlawan Islam untuk Indonesia' yang dilangsungkan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Minggu, 13 November 2022.

Kegiatan Dialog Kebangsaan itu sendiri diinisiasi oleh Aliansi Ormas Islam Pembela Masjid Sumatera Utara.

"Iya pertama ide awalnya adalah bagaimana memperingati momentum hari pahlawan 10 November. Bahwa saat itu adalah situasi peperangan di Surabaya yang digerakkan oleh resolusi jihadnya pimpinan Nahdatul Ulama yakni Hasyim Asy'ari dan itu kita peringati sebagai hari pahlawan," ucap sekretaris Aliansi Ormas Islam Pembela Masjid Sumatera Utara, Muhammad Syahbana.

Baca Juga: KSI dan Senyum yang Merekah di Jembatan Pemukiman Nelayan Belawan

Kita sebagai umat Islam sambung Syahbana, harus paham bahwa hari pahlawan juga momentum untuk berjihad mempertahankan republik ini.

"Jangan pula distigmatisasi bahwa umat Islam itu menjadi duri di Republik ini. Dia adalah pendiri Republik ini dia Juga mempertahankan Republik ini," ujarnya lagi.

Oleh karena itu bilangnya, harus diingat bahwa hari pahlawan ini adalah hari kebangkitan-nya umat Islam.

"Karena yang mendirikan atau Founding Fathers negeri ini adalah umat Islam. Bahkan kita rela menjadikan negara ini bukan sebagai negara Islam. Itulah rahmatan Lil Alamin-nya pendiri bangsa ini," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu pemateri dialog kebangsaan, yang juga ustaz kondang Kota Medan, Qosim Nurseha Dzulhadi berharap peringatan hari pahlawan tidak hanya sekadar slogan.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x