Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep Dilaporkan ke KPK

- 10 Januari 2022, 22:50 WIB
Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, kakak beradik putra Presiden Jokowi yang dilaporkan ke KPK atas dugaan korupsi dan pencucian uang.
Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, kakak beradik putra Presiden Jokowi yang dilaporkan ke KPK atas dugaan korupsi dan pencucian uang. /Dok PRMN/

EDITORNEWS.ID -  Seorang dosen Universitas Negeri Jakarta (UJN), Ubedilah Badrun mendatangi gedung KPK.

Dia datang menuju gedung merah putih dengan membawa beberapa berkas penting untuk menyerakan kepada lembaga anti rasuah tersebut.

Melaporkan, dua putra Presiden Indonesia Joko Widodo, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep  ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Laporan itu terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Mantan aktifis 98 itu mengatakan, laporan ini terkait dengan dugaan KKN relasi bisnis anak presiden dengan grup bisnis yang diduga terlibat pembakaran hutan, kepada wartawan pada Senin, 10 Januari 2022.

Baca Juga: Predator Seksual Asal Garut Kabur dari TKP Korban 4 Anak dan Satu Tetangga

Dalam kronoliginya, yaitu pada tahun 2015 ada perusahaan besar bernama PT SM yang sudah menjadi tersangka pembakaran hutan dan dituntut oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan nilai Rp7,9 triliun.

Lantas saat itu dalam prosesnya, di Mahkamah Agung (MA) hanya mengabulkan tuntutan senilai Rp78 miliar. "Itu terjadi pada Februari 2019 setelah anak presiden membuat perusahaan gabungan dengan anak petinggi perusahaan PT SM," kata Ubedilah.

Menurut Ubedilah, dugaan KKN sangat jelas melibatkan Gibran, Kaesang, dan anak petinggi PT SM karena adanya suntikan dana kurang lebih Rp99,3 miliar dalam waktu yang dekat dari perusahaan ventura.

Dari situ kemudian anak presiden membeli saham di sebuah perusahaan yang angkanya juga cukup fantastis, yaitu sebesar Rp92 miliar,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x